Figure Archives: Muhammad SAW

Bentuk-Bentuk Penyimpangan di Jalan Dakwah (Bagian ke-3: Persoalan Jamaah dan Komitmen (Iltizam))

Salah satu bentuk penyimpangannya adalah: Menumbuhkan friksi-friksi atau blok-blok dalam jamaah. Baik berupa pribadi, ide (fikrah) atau pola berpikir. Membentuk semacam jamaah tandingan atau tanzhim (penataan) tersendiri yang berotonomi penuh di dalam tanzhim umum jamaah. Berupaya melakukan tekanan kepada pemimpin untuk melahirkan komitmen tertentu dari pendapatan yang dipertahankan.

Baca selengkapnya »

Sekilas Tentang Maulid Nabi SAW

Selasa depan (22/11/2018) umat Islam Indonesia merayakan maulid Nabi. Secara khusus, pemerintah menjadikannya sebagai hari libur nasional. Bagi sebagian masyarakat, perayaan Maulid adalah suatu  keharusan. Bahkan, sudah sejak jauh-jauh hari mereka menyiapkan berbagai hal untuk kepentingan perayaan maulid Nabi itu. Bagi sebagian lain, peristiwa maulid tak perlu dirayakan, bahkan menjadi suatu bid'ah yang menyesatkan.

Baca selengkapnya »

Bendera, Literasi, dan Titik Temu

Pada kesempatan ini penulis mencoba menelaah wujud penyikapan kedua kelompok ini dalam kerangka persepsi ketika disajikan sebuah case pembakaran bendera tauhid. Pada kesempatan pertama, penulis mencoba membedah persepsi yang digunakan oleh kelompok modernis ketika menyikapi polemik pembakaran bendera tauhid. Hal pertama yang disoroti adalah dari aspek sejarah bendera tauhid tersebut.

Baca selengkapnya »

Seperti Apakah Bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Itu?

Mencuatnya kasus pembakaran bendera yang bertuliskan kalimat tauhid di Garut oleh oknum Banser pada tanggal 22 Oktober 2018, memunculkan kesimpangsiuran soal bentuk bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Karena pelaku mengaku berniat membakar bendera HTI, tapi publik menilai yang dibakar bukanlah bendera HTI, tapi bendera tauhid. Tulisan ini hendak menganalisis untuk pengidentifikasian bendera HTI.

Baca selengkapnya »

Para Kesatria Pembawa Panji

Saat umat Islam mempersiapkan diri membendung gempuran musyrikin Mekkah di Bukit Uhud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membagi kekuatan Madinah dalam tiga batalion. Salah satunya dipimpin oleh Mush’ab bin Umair. Pria tampan dari Mekkah yang meninggalkan harta dan kemewahan keluarganya demi Islam. Saat menggempur pasukan musyrikin, Mush’ab membawa panji dan memimpin perlawanan. Kendati sempat menguasai keadaan, pertahanan pasukan muslimin akhirnya porak poranda digempur pasukan Khalid bin Walid yang pada waktu itu belum masuk Islam.

Baca selengkapnya »

Resolusi Jihad Resolusi Santri

Sebagai komando tertinggi Laskar Hizbullah, resolusi Jihad KH. Hasyim Asy'ari tidak hanya menggerakkan kalangan santri dan para ulama, tetapi juga menggerakkan seluruh elemen bangsa pada ketika itu untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan serta menggemparkan musuh. Jihad melawan segala bentuk penjajahan. Karena kemerdekaan adalah hak manusia sejagat.

Baca selengkapnya »
Organization