Figure Archives: Muhammad SAW

Ramadhan yang Membekas

Sejatinya pasca Ramadhan kita diharapkan istiqamah dan mampu serta terbiasa dengan melakukan berbagai ibadah dan amal shalih selama sebelas bulan ke depan. Semangat Ramadhan membekas dalam diri kita. Inilah tanda kesuksesan Ramadhan kita. Bulan Ramadhan kita telah mentraining kita secara fulltime 30 hari berturut-turut untuk melakukan berbagai aktivitas ibadah dan amal shalih. Tujuannya, agar kita menjadi orang yang bertaqwa sepeninggalnya Ramadhan.

Baca selengkapnya »

Karena Dirimu Begitu Berharga

Di sinilah aku belajar untuk memahami apa itu izzah ataupun iffah. Lewat kejadian inilah aku menyadari bahwa kita sungguh berharga apabila kita menjaga harga diri dan kehormatan kita. Jaga hati kita untuk yang terbaik jangan umbar perasaan kita, sungguh kita sebagai wanita sangatlah berharga janganlah kau menjatuhkan kebehargaanmu dengan kelakuan burukmu sendiri.

Baca selengkapnya »

Khutbah Idul Fitri 1439 H: 2 Urgensi Ramadhan Dalam Mewujudkan Wihdatul Ummah

Ukhuwah atau persaudaraan dalam Islam bukanlah slogan dan jargon semata, tetapi menjadi sebuah kewajiban insaniyyah dalam merawat kedamaian di sebuah negeri. Perbedaan politik biarlah menjadi sebuah dinamika dan keberagaman dalam peran-peran kebangsaan kita, namun wihdatul ummah atau persatuan umat harus berada di atas segala perbedaan itu. Beda pilihan, beda pendapat ataupun pendapatan tidak boleh menggerus semangat ukhuwah insaniyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah Islamiyah. Justru ukhuwah ini yang harus melandasi semangat kebersamaan terlepas dari semua perbedaan yang ada.

Baca selengkapnya »

Tadarus Al-Quran

Tadarus Al-Quran adalah aktivitas interaksi terhadap Al-Quran, baik dengan membacanya, memahaminya, mengkhatamkannya, mendengarnya, mentadaburinya, menghafalnya dan mempelajarinya. Selama ini tadarus dipahami hanya sebatas membaca dan mengkhatamkan Al-Quran. Semua aktivitas yang berkaitan dengan Al-Quran ini bertujuan untuk mengamalkan Al-Quran. Maka sangatlah keliru bila seseorang mengklaim dirinya mengamalkan Al-Quran tanpa membaca, memahami dan mempelajarinya.

Baca selengkapnya »

Falsafah Iqra’ dan Fenomena Kehidupan

Banyak fenomena yang melandai kehidupan manusia dewasa ini, seakan-akan tidak dapat dihindari dan telah menjadi sunnah ilahi. Fenomena tersebut dapat diamati dari kejadian-kejadian alam, gejala-gejala yang terjadi pada diri manusia, bahkan terhadap benda yang tak bernyawa sekalipun. Pemerhatian terhadap fenomena-fenomena inilah yang melatar belakangi hadirnya tulisan ini.

Baca selengkapnya »
Organization