Home / Berita / Silaturahim / Membiasakan Anak Menghafal Alquran

Membiasakan Anak Menghafal Alquran

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
ilustrasi, membiasakan anak menghafal Alquran (alquranclasses.com)
ilustrasi, membiasakan anak menghafal Alquran (alquranclasses.com)

dakwatuna.com – Bukan suatu rahasia lagi bahwa menghafal Alquran adalah salah satu yang perlu dibiasakan di rumah-rumah kaum muslimin. Akan lebih baik, bila menghafal Alquran ini dibiasakan sejak dini (anak-anak). Pada prakteknya, ternyata tidak mudah untuk membiasakan anak menghafal Alquran terutama bagi anak-anak yang sangat aktif dan sulit untuk diajak duduk manis menghafal Alquran.

Namun, alhamdulillaah untuk setiap kesulitan selalu ada kemudahan, untuk setiap masalah selalu ada solusinya. Terutama di zaman kita, ada bantuan teknologi yang bisa membantu kita untuk membiasakan anak menghafal Alquran.

Seperti yang kami coba lakukan di rumah kami, adalah dengan cara memperdengarkan rekaman suara Alquran di dekat tempat anak bermain.

Teknisnya, kebetulan di rumah kami ada lemari es (kulkas) yang bagian atasnya bisa ditaruh handphone atau laptop yang sedang “nganggur” (tidak dipakai), nah kami coba setel MP3 murattal Alquran rekaman tilawah anak-anak oleh Qari’ Muhammad Thaha al-Junaid dan Qari’ Ahmad Saud.

Dengan cara ini, sambil mereka bermain, sambil mereka merekam bacaan Alquran di alam bawah sadar mereka. Lakukan rutin setiap hari, tidak perlu suara terlalu kencang yang penting cukup terdengar oleh mereka saat suara murattal tersebut diperdengarkan. Jalankan selama beberapa bulan, dan kalau bisa istiqamah terus bertahun-tahun. Efeknya, walhamdulillaah sangat bagus. Anak menjadi mudah untuk menghafal ayat-ayat yang biasa mereka dengar, tidak terlalu tertarik mendengar lagu dan musik, bahkan saat berkendara menggunakan mobil yang mereka minta adalah mendengar murattal Ahmad Saud dan bukan meminta lagu-musik atau yang lainnya.

Demikian sekadar tips sederhana tapi semoga berguna. Harapan kita anak-anak kita menjadi para penghafal Kitabullah yang akan menjadi jalan kebahagiaan mereka di dunia dan di akhirat kelak, insya Allah, amin.

Sebagai penyemangat, bagi seorang muslim semakin banyak hafalannya, akan semakin tinggi kedudukan yang didapatkan di surga kelak. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

يقال لصاحب القرآن اقرأ وارتقِ، ورتل كما كنت ترتل في الدنيا، فإن منزلك عند آخر آية تقرؤها

“Akan dikatakan kepada shahibul qur’an (di akhirat) : bacalah dan naiklah, bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia. karena kedudukanmu tergantung pada ayat terakhir yang engkau baca” (HR. Abu Daud 2240, dishahihkan Al-Albani dalam Shahih Abi Daud) (adv/dakwatuna)

Advertisements

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Pecinta dunia medika nabawi dan juga dunia IT. Saat ini mengelola ahliherbal.com.

Lihat Juga

Klaim Ahok ‘Gak Ada Cerita SMA 8 Banjir’ Tak Terbukti

Organization