Topic Archives: Menghafal Alquran

Cara Cepat Menghafal Alquran

Banyak orang menganggap Alquran itu sulit untuk dihafal, tapi sejatinya Alquran itu sungguhlah mudah buat kita menghafal dan mempelajarinya, karena Allah telah menjelaskannya bahwa Alquran itu mudah. Selain itu menghafal Alquran mungkin mudah menurut sebagian orang, yang sulit adalah kita mempertahankan hafalan yang telah kita hafal. Karena menghafal Quran itu pilihan dan memurajaah hafalan itu kewajiban bagi yang sudah menghafalkannya.

Baca selengkapnya »

Kiat Menghafal Quran

Ketika menghafal Quran, sebaiknya kita memahami artinya juga. Kenapa? Karena jika kita sudah faham apa yang kita hafal, insyaAllah menghafalnya pun akan mudah. Kita pun jadi tau kebesaran2 Allah SWT, lama-lama hati kita akan tersentuh dan semakin penasaran arti ayat selanjutnya, dengan itu semangat kita untuk menghafal Quran akan bertambah.

Baca selengkapnya »

Tips Murajaah ala 10 Bintang Alquran

“Anda serius atau tidak menghafal Alquran?” Itulah pertanyaan yang dilontarkan oleh Ustadz Basyir ketika membahas hal ini. Tidak banyak yang ia utarakan mengenai hal ini, karena menurutnya yang terpenting adalah komitmen kita untuk menghafal. Alquran tidak bisa diduakan. Kita harus meluangkan waktu untuk menghafalkannya. Membaca 1 juz Alquran dengan tartil kurang lebih hanya memakan waktu 40 – 60 menit. Waktu 1 jam tidak ada artinya dibanding dengan 24 jam yang kita miliki dalam 1 hari. Ketika kita memiliki niat dan azzam yang kuat, Insya Allah segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Baca selengkapnya »

Beberapa Kesalahan dalam Menghafal Alquran

Jangan menambah hafalan baru (ziyadah) tanpa mengulang hafalan yang lama (muraja’ah). Muraja’ah harus lebih diperhatikan daripada ziyadah. Masing-masing porsinya adalah 50% untuk muraja’ah, porsi 30% untuk ziyadah, kemudian sisa porsi 20% untuk tilawah. Perhatikanlah moment muraja’ah Anda dengan baik. Ingatlah.. Seseorang dikatakan hafidz bukan sekarang, tapi nanti, yaitu ketika ia meninggal dunia sedangkan hafalannya masih terpelihara. Jadilah husnul khatimah dengan Alquran!

Baca selengkapnya »

Doa Anak Ini Membuat Kami Menangis

Saat dibawa ke hadapan saya dan suami, Yasin menangis, “Ummi... ustadz.. jangan bilang ke orangtua saya, nanti mereka sedih”. “Iya nak. Umi gak akan bilang siapa-siapa. Yasin tenang saja ya!” Saya lihat lukanya sangat besar. Tulang putihnya kelihatan. Pangkal lengan sudah diikat baju kaos santri, namun darah masih mengalir begitu deras.

Baca selengkapnya »
Organization