Home / Berita / Internasional / Afrika / Demonstrasi Memperingati Jatuhnya Mubarak Hari Ini

Demonstrasi Memperingati Jatuhnya Mubarak Hari Ini

Demonstrasi menolak kudeta militer terus terjadi sejak 3 Juli 2013 hingga saat ini (aljazeera.net)
Demonstrasi menolak kudeta militer terus terjadi sejak 3 Juli 2013 hingga saat ini (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Kairo. Seperti hari ini (11/2/2014), tepatnya 3 tahun yang lalu, Presiden Mubarak mengumumkan pengunduran dirinya yang dibacakan oleh Umar Sulaiman, wakil presiden saat itu.

Untuk memperingati peristiwa penting tersebut, Koalisi Nasional Pro-Demokrasi Anti-Kudeta mengadakan demonstrasi besar-besar hari ini. Sejak pagi, sudah terlihat persiapan keamanan oleh pihak militer dan polisi di beberapa jalan penting di berbagai provinsi. Karena demonstrasi tersebut tidak hanya dilakukan di Kairo saja.

Di antaranya di Alexandria, demonstrasi diawali oleh para aktivis “Gerakan 7 Pagi’ yang melepas 4 konvoi di Burjul Arab, Hanovil, dan Ganaklis.

Di Port Said, demonstrasi dilakukan oleh “Gerakan Wanita Anti-Kudeta” dengan membuat rantai manusia di depan gedung kantor pemuda dan olahraga pada siang harinya.

Adapun di Helwan, Kairo bagian selatan, para warga melakukan demonstrasi konvoi menolak pemerintahan kudeta dan perlakukan kejam polisi. Dalam aksi tersebut, sebagian pendemo membawa foto-foto tahanan dan korban meninggal dunia.

Koalisi Nasional mengajak masyarakat luas untuk memperingati jatuhnya Mubarak tersebut dengan aksi damai besar-besaran di berbagai tempat yang dulu digunakan untuk menjatuhkan Mubarak. Selain itu, aksi juga dilakukan di kantor-kantor kedutaan negara yang mendukung kudeta militer.

Selain untuk memperingati jatuhnya Mubarak, demonstrasi ini juga dimaksudkan untuk menghormati para korban meninggal 3 tahun yang lau. Total jumlah korban yang jatuh akibat perlakuan keras polisi dan militer adalah 900 orang. Korban jatuh dalam demonatrasi yang terjadi selama 18 hari, dari tanggal 25 Januari hingga 11 Februari. (msa/dakwatuna/aljazeera)

Advertisements

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Demonstrasi Menentang Kemenangan Trump, Satu Warga Amerika Meninggal Dunia