Home / Berita / Internasional / Asia / Vatikan Serukan Status Khusus Jerusalem

Vatikan Serukan Status Khusus Jerusalem

Ilustrasi – Al-Quds, Palestina (inet)

dakwatuna.comVatikan memuji langkah PBB yang secara implisit mengakui status Palestina sebagai sebuah negara. Selain itu, Vatikan juga menyerukan kepada dunia internasional agar menjamin status khusus bagi Jerusalem (Al-Quds, red).

“Takhta Suci menyambut baik keputusan Majelis Umum PBB yang memutuskan Palestina menjadi negara pengamat non-anggota PBB,” demikian sebuah pernyataan resmi Vatikan yang dirilis pada Jumat (30/11/2012).

Vatikan juga menyerukan kembali soal status Jerusalem yang dituangkan dalam perjanjian kesepakatan hubungan bilateral antara Vatikan dan PLO yang ditandatangani pada 2000 lalu.

Vatikan menyerukan adanya jaminan internasional terhadap status khusus Jerusalem. Seruan ini bertujuan agar status Jerusalem sebagai kota suci berbagai agama dan kebebasan beribadah di kota itu tetap terjaga.

Pernyataan Vatikan soal status khusus Jerusalem ini menjengkelkan Israel yang mengatakan Jerusalem tidak memerlukan status internasional karena jaminan itu sudah ada sejak lama.

Israel menyatakan Jerusalem sebagai ibu kota abadi Israel pada 1980 setelah menguasai Jerusalem Timur seusai Perang Enam Hari 1967. Dunia internasional tidak mengakui klaim Israel ini, sementara Palestina menginginkan Jerusalem Timur sebagai ibu kota.

Israel selama ini menyatakan negeri itu sudah menjamin citra kesucian Jerusalem untuk tiga agama besar dunia Yahudi, Kristen, dan Islam sehingga pernyataan Vatikan soal status khusus Jerusalem itu ditanggapi dengan kurang baik oleh Israel.

Vatikan dan Israel menjalin hubungan diplomatik sejak 1994. Paus Yohanes Paulus II dan Paus Benediktus XVI sudah berkunjung ke Israel dan Palestina. (Reuters/Ervan Hardoko/KCM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Israel Akan Bangun 2.000 Pemukiman Baru di Al-Quds