Home / Berita / Internasional / Asia / Muslim Turki Minta Masjid Hagia Sophia Difungsikan Kembali

Muslim Turki Minta Masjid Hagia Sophia Difungsikan Kembali

Masjid Hagia Sophia (hagiasophia.com)

dakwatuna.com – Istanbul. Rencana pemerintah Turki untuk mengaktifkan kembali aktivitas keagamaan di masjid Hagia Sophia terus mendapat dukungan umat Islam. Mereka bahkan mendorong agar pemerintah mempercepat niatan itu. “Biarkan masjid Hagia Sophia terbuka. Allahu Akbar,” teriak lantang para jamaah sebelum shalat berjamaah di depan masjid bersejarah seperti dikutip onislam.net, Senin (28/5).

Kepala Asosiasi Pemuda Anatolia, Salih Turhan mengatakan membiarkan masjid Hagia Sophia hanya berfungsi sebagai museum adalah penghinaan bagi umat Islam. “Fungsi masjid ini melambangkan perlakukan buruk barat dan Turki terhadap umat Islam. Sebagai cucu dari Mehmet Sang Penakluk, pembukaan kembali Hagia Sophia sebagai masjid adalah hak sah kami,” tambahnya

Namun, penolakan justru datang dari kalangan gereja Turki. Menurut mereka, ketika pemerintah mengembalikan fungsi masjid, maka umat Kristiani tidak bisa melaksanakan ibadah di tempat itu. Bahkan gereja melihat ada potensi kekacauan bila fungsi itu dikembalikan. “Kami ingin agar museum ini sejalan dengan prinsip-prinsip Republik Turki,” kata dia.

Menurut catatan sejarah, Masjid Hagia Sophia pada awalnya merupakan gereja peninggalan kekaisaran Romawi Timur di Konstatinopel. Namun, wilayah itu selanjutnya diambil alih kesultanan Ustmaniyah. Sejumlah perubahan dilakukan Ustmaniyah terhadap Konstantinopel.

Satu bentuk perubahan itu adalah mengubah fungsi landmark wilayah itu yakni gereja Hagia Sophia menjadi masjid. Meski berubah fungsi, simbol-simbol Kristen dalam bangunan itu dipertahankan.

Memasuki era Republik, pemerintah sekuler Turki mengubah fungsi bangunan menjadi museum. Kini, pemerintah Erdogan mewacanakan kembali untuk memfungsikan masjid Hagia Sofia sebagai tempat ibadah. Sebagai bentuk keseriusan pemerintah, kabarnya masjid itu bakal mengalami sejumlah perbaikan. (Dewi Mardiani/Agung Sasongko/ROL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • rakhmad romadhoni

    bagus itu,, daripada cuman dipake ibadah seminggu sekali.. mending ya dijadiin masjid saja, toh orang2 turki mayoritas muslim dan bakalan meramaikan masjid itu dengan sholat 5 kali dalam sehari,, daripada yg cuma seminggu sekali…

  • Krisna AzZi

    Alhamdulillah … allahu akbar3x

    tdk berhak umat kristen protes, jika kalian masih ngotot. kembalikan juga masjid kami yg bersejarah di Spanyol yg sekarang jadi gereja yaitu Masjid Cordoba peninggalan Umayyah !!

Lihat Juga

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemua Presiden Rusia Vladmir Putin. (alresalah.ps)

Turki Berharap Gencatan Senjata Terwujud di Suriah Sebelum Idul Adha