Home / Berita / Internasional / Asia / Turki Kembalikan Bangunan Hagia Sophia Menjadi Masjid

Turki Kembalikan Bangunan Hagia Sophia Menjadi Masjid

Hagia Sophia (ismaku.blogspot.com)

dakwatuna.com – Istanbul. Bangunan bersejarah, Hagia Sophia di Istanbul, yang sebelumnya merupakan Katedral Ortodoks dan sebuah masjid, lalu menjadi museum, akan dikembalikan fungsinya sebagai Masjid.

Surat Kabar Turki, Sabah, Senin (31/10) melaporkan perbaikan tengah dilakukan guna memfungsikan kembali Hagia Sofia sebagai sebuah Masjid. Dalam perbaikan itu, sebuah mimbar rencananya akan dibangun.

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri Turki Bulent Arinc saat kunjungan ke museum mengatakan pemerintah Turki akan melakukan perubahan besar pada Hagia Sofia.

Hagia Sophia, dalam bahasa Turki, Aya Sofya dahulu bangunan bekas basilika, yang dibuat oleh kekaisaran Byzantium. Pada masa Turki Utsmani, saat Konstantinopel ditaklukkan Sultan Mehmed II, bangunan gereja itu diubah menjadi masjid yang dikenal dengan Aya Sofia. Tepat hari perubahan fungsi itu, diadakan shalat Jumat perdana.

Memasuki era Turki Modern, fungsi bangunan diubah, Mustafa Kemal Atatürk mengubah status Hagia Sophia menjadi museum. Mulailah proyek “Pembongkaran Hagia Sophia”. Beberapa bagian dinding dan langit-langit dikerok dari cat-cat kaligrafi hingga ditemukan kembali lukisan-lukisan sakral Kristen.Sejak saat itu, Hagia Sophia dijadikan salah satu objek wisata terkenal di Istambul. (taufik rachman/agung sasongko/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (36 votes, average: 9,53 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Erdogan: Teroris Selandia Baru dan ISIS Berasal dari Tempat yang Sama

Organization