Topic Archives: Ukhuwah

Tentang Sahabat Nabi

Saya ingin mengutip indahnya ungkapan seorang Umar Ibn Al-Khaththab kepada saudara-saudaranya: "Malam berlalu, tapi tak mampu kupejamkan mata dirundung rindu kepada mereka. Yang wajahnya mengingatkanku akan surga." "Wahai fajar, lanjut Umar, terbitlah segera, agar sempat kukatakan pada mereka "Aku mencintai kalian karena Allah." Saudaraku, betapa Umar yang kita kenal "galak" dan pemberani itu ternyata memiliki cinta terhadap saudaranya, bahkan melebihi kecintaannya kepada dunia dan seisinya. Saudaraku, di jalan ini marilah kita saling melengkapi. Seperti langit dan bumi.

Baca selengkapnya »

Kado Perpisahan untuk Hati yang Saling Mencinta

Surga, adalah kado terindah bagi setiap persaudaraan yang dilandaskan cinta dan keridhaan Allah. Maka jika kado itu telah tergapai, tentulah tak kan ada lagi perpisahan itu. Maka jika kado itu telah tercapai, tersenyumlah setiap yang bersaudara, karena cinta mereka kekal dalam Raudhatul Jannah. Jadi, berbahagialah Saudara. Karena satu tempat disurga telah disediakan untuk hati yang berbingkai cinta dan ukhuwah.

Baca selengkapnya »

Wahai Pelipur…

Sahabat! Aku yang “dhoif” serta jauh dari kesempurnaan, hanya Allah pemilik segalanya.. Maafkanlah jika gelak kejahiliyahan diri ini kerap terjadi membumbui perjuangan kita... "Bertemu dalam ketaatan, bersatu dalam perjuangan, menegakkan syariat dalam kehidupan" sepenggal lirik lagu dari nasyid Izzatul Islam itu amat familiar di telinga, semoga pertemuan kita bukan pertemuan yang sia-sia, semoga perjuangan kita menuai hasil ridha-Nya..

Baca selengkapnya »

Indahnya Kebersamaan

Alangkah indahnya dunia ini jika kebersamaan diikat oleh hati yang bersih, jiwa yang tulus, pikiran yang jernih, orientasi yang lurus, tujuan yang jelas, agenda yang transparan serta kepentingan yang tidak berpihak. Tidak ada lagi kawan dan lawan karena semua sudah bersinergi, tidak ada kelompok ini dan itu, karena sudah disatukan dalam langkah yang sama. Tidak ada lagi kasak kusuk, lobby-lobby sembunyi, sikut menyikut, jegal menjegal dan sebagainya. Semua merasakan kepemilikan dan terakomodasi kepentingan pribadinya yang telah lebur menjadi kepentingan bersama. Mudah-mudahan ini bukan mimpi atau khayalan tetapi sebuah obsesi yang harus menjadi kenyataan.

Baca selengkapnya »

Getar Cinta Dalam Ukhuwah

Saudaraku, jika bisa menemukan “mawar-mawar” indah yang tumbuh dalam jiwa itu, kita akan dapat mengabaikan duri-duri yang muncul. Kita akan terpacu untuk membuatnya merekah hingga berpuluh-puluh tunas baru akan muncul. Pada setiap tunas itu, akan berbuah kebahagiaan, ketenangan, kedamaian, yang akan memenuhi taman-taman jiwa kita.

Baca selengkapnya »

Indahnya Ukhuwah dalam Dekapan Tarbiyah

Begitulah indahnya ukhuwah dalam dekapan tarbiyah. Saling menguatkan ketika yang lain lemah, saling menasehati ketika yang lain khilaf, saling menjaga agar selalu dalam kebaikan, dan saling berbagi. Begitulah indahnya ukhuwah dalam dekapan tarbiyah. Kita belajar untuk saling berlemah lembut, mencintai, mengasihi, menghormati, mengokohkan, memaafkan, dan saling mempercayai

Baca selengkapnya »