Topic Archives: membaca

Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Pembiasaan

Jika kita pergi ke daerah 3T (terpencil, terdalam, dan terluar), misal salah satu sekolah yang berada di pelosok Sumbawa Barat. Di sana masih banyak ditemui siswa yang bermasalah dalam kemampuan membaca. Siswa yang bermasalah dalam kemampuan membaca ini, bukan karena mereka tidak mau membaca, tapi tidak adanya motivasi dari luar, yang mampu mendorong mereka untuk rajin membaca. Bahkan masih ada sekolah yang menjadikan perpustakaan sebagai pelengkap administrasi untuk meningkatkan nilai akreditasi, sedangkan kebermanfaatnannya untuk penduduk di dalam sekolah sangat tidak optimal

Baca selengkapnya »

Topping Alphabet untuk Arya

Hari pertama aku memanggil Arya untuk menggunakan alat peraga ini bersamaku. Sesuai dengan pengarahanku anak ini mengikuti perintahku. Awalnya aku bertanya ini huruf apa. Tapi ternyata Astaghfirullahaladzim, anak ini sama sekali tidak mengenal huruf. Untuk menyusun huruf membentuk namanya saja dia merasa kesulitan. Namu atas bimbinganku, sedikit demi sedikit anak ini sudah mulai paham dan bisa menyusun namanya. Perlu waktu yang cukup lama, sekitar satu jam waktu istirahat untuk mengajarinya.

Baca selengkapnya »

Cara Efektif Meningkatkan Kegemaran Membaca

Kegemaran membaca pada masyarakat Indonesia tergolong sangat minim, menurut data UESCO 2012 tercatat hanya 0,001 yang artinya setiap 1000 orang hanya 1 yang memiliki kegemaran membaca. Tentu ini memiliki potensi ketertinggalan dari bangsa-bangsa lain. Oleh karena itu, rasanya perlu bagi kita untuk mengawali dari diri sendiri bagaimana cara meningkatkan kegemaran membaca itu. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis ada beberapa hal yang mungkin dapat dicoba maupun sebagai bahan pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk menjadikan membaca adalah kebutuhan terlebih lagi kesenangan.

Baca selengkapnya »

Dahsyatnya Membaca

Membaca itu asyik lho! Siapa bilang? Ya.. kata orang yang telah mendapat kenikmatan membaca. Emangnya membaca itu nikmat? Bagaimana kenikmatannya? Orang tipe ini dengan jujur mengatakan membaca itu nikmat dan lezat bahkan lebih nikmat dan lezat dari permen nano-nano. he he. Buku baginya, dijadikannya sahabat setia dalam hidup, sehingga mereka cinta buku.

Baca selengkapnya »