Topic Archives: keberanian

Seberapa Berani Anda Membela Islam?

Akhirnya, kembali ke pertanyaan awal, “Seberapa berani Anda Membela Islam?” terkhusus kepada wanita muslimah, jawablah dengan berani menyelami setiap makna dalam buku ini secara utuh dan paripurna, kemudian berani mengaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari untuk membela Islam sebagaimana Nabi dan Rasulullah dan para shahabiyah telah membelanya. Sekali lagi, keberanian bukanlah milik lelaki muslimin saja tetap juga milik wanita muslimah. Semoga Allah memberikan kekuatan diri kita meneladani jalan salafus sholeh seperti mereka. Wallahu a’lam bish showwab.

Baca selengkapnya »

Antara Jokowi dan Dahlan Iskan

Sikap yang diambil Dahlan setidaknya memberikan pelajaran berharga bagi bangsa ini, di saat banyak pemimpin sekarang hanya gemar bersembunyi di balik badan anak buahnya. Ibarat nabi yang tidak pernah bersalah. Seharusnya seorang pemimpin memang memiliki jiwa kstaria, bukan menimpakan kegagalan kinerja sebagai kesalahan anak buah. Sikap lari dari tanggung jawab bukanlah sikap ksatria, karena pemimpin seperti itu akan selalu berusaha cuci tangan.

Baca selengkapnya »

Keberanian

Islam sangat mengedepankan keberanian. Tapi terlalu banyak orang yang mengukur keberanian, hanya sebatas bertarung fisik saja. Padahal perang Mut’ah memberi penjelasan lebih mendalam mengenai hakikat keberanian. Bahwa keberanian juga bermakna berani memikul tanggung jawab yang diamanahkan. Sehingga tidak ada kata penolakan; selama masih belum mencoba, masih realistis, dan masih merasa sanggup. Perang Mut’ah juga memberikan pesan sederhana, bahwa keberanian tidak bersumber pada kekuatan fisik saja; tapi juga kemapanan kekuatan intelektual.

Baca selengkapnya »