Topic Archives: Kasus Bakso Mengandung Babi

Muhammadiyah: Produsen Bakso Daging Babi ‘Jebak’ Umat Islam Konsumsi Makanan Haram

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengaku sangat prihatin dengan ksus bakso yang positif mengandung daging babi. Menurut dia, kondisi seperti ini menjebak umat muslim dalam mengonsumsi makanan yang haram. Din berharap, masyarakat yang mencampur daging sapi dan babi di bakso tersebut menyadari bahwa yang dilakukannya bertentangan dengan agama. Sebab, perbuatan pelaku sama artinya dengan menjebak dan mengajak orang lain untuk ikut terlibat dalam perbuatan haram.

Baca selengkapnya »

Bakso Oplos Babi, Wamenag: Kita Butuh UU Jaminan Produk Halal

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasaruddin Umar angkat bicara soal temuan bakso oplosan daging babi yang akhir-akhir ini membuat resah masyarakat. Dia berharap agar RUU Jaminan Produk Halal bisa segera dirampungkan oleh DPR. "Selama ini kasus seperti ini yang tangani MUI, tapi dia tidak punya power untuk menindak. Kalau UU (Jaminan Produk Halal) ini ada, keterlibatan pemerintah akan langsung. Saya kira tidak akan ada yang berani main-main," kata Nasaruddin.

Baca selengkapnya »

Habib Nabiel Almusawa: Makanan Halal Berarti Bersih dan Aman Dikonsumsi

Peredaran bakso oplosan daging babi yang ditemukan di Jakarta, merupakan masalah yang sangat sensitif. Kejadian tersebut juga mendapat perhatian Hb Nabiel Al-Musawa, anggota DPR, perumus Undang-undang Pangan dari Fraksi PKS. Ia menjelaskan, pada ketentuan umum pasal 1 UU Pangan, keamanan pangan diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia, serta tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat, sehingga aman dikonsumsi.

Baca selengkapnya »