Topic Archives: Hari Pendidikan Nasional

Memperingati Hardiknas, Nuansa Baru Konsep Pendidikan Dalam Kerangka Pancasila

Nilai-nilai Pancasila mengandung konsep hidup bahwasanya Indonesia terdiri dari kumpulan manusia yang memiliki agama dan berusaha untuk mendalami agama yang diyakininya, sepanjang waktu dan apapun profesinya. Beberapa contoh konsep tersebut di antaranya, seorang manusia menjadi presiden atau menteri, memiliki pemahaman mendalam dan menyeluruh terhadap agama yang diyakininya.

Baca selengkapnya »

Hari Pendidikan Nasional: “Investasi SDM”

Pendidikan harus dipandang sebagai investasi Sumber Daya Manusia (SDM) di masa depan untuk mencapai banyak tujuan mulai dari memutus rantai kemiskinan sampai urusan bangsa dan negara mau dibawa ke mana masa depannya. Semua tergantung kualitas SDM. Kunci masa depan sebuah negara bukan lagi berdasar kekayaan alam namun pada kualitas warga negaranya.

Baca selengkapnya »

Napak Tilas Perjuangan Ki Hadjar Dewantoro

Saat ini tugas guru hanya dipahami sebelah mata saja, bahwa tugas guru adalah mengajar di sekolah saja. Ketika jam sekolah selesai maka tugas guru juga selesai. Kalau kita melihat pesan Ki Hadjar Dewantara yang kedua ini, jelas bahwa yang namanya menjadi pembimbing tidak hanya di dalam sekolah saja, tetapi di luar sekolah juga. Karena waktu siswa lebih banyak di luar sekolah, jadi guru harus lebih jeli melihat aktivitas siswa di luar sekolah. Jika ada hal – hal yang menyimpang guru bisa meluruskannya.

Baca selengkapnya »

Bachtiar Natsir: Pendidikan Butuh Sosok yang Dikukuh dan Ditiru

Bachtiar Natsir Lc, ketua MIUMI (Majelis Intelektual & Ulama Muda Indonesia). Memulai ceritanya ulama ini begitu bersyukurnya karena dari orang tua terutama dari tangan ibunya beliau berhasil belajar huruf hijaiyah meski harus banyak cubitan yang diterima karena ulah kebandelannya. Karena boleh jadi banyak ibu-ibu professor dan ibu-ibu doctor yang tidak bisa melakukan itu. ilmu itu adalah yang datang dari Allah dan bermanfaat bagi kita. Ilmu itu adalah perkataan Allah dan Rasul-Nya.

Baca selengkapnya »
Organization