Topic Archives: Hari Kartini

Mengupas Kembali Perjuangan Kartini, Meluruskan Kembali Hakikat Perjuangan Gerakan Perempuan

Spirit perjuangan Kartini membawa spirit sendiri kepada gerakan perempuan di Indonesia hingga saat ini. Perjuangannya dalam memberikan kritik dan mengaktualisasikan gagasannya selalu menjadi inspirasi tersendiri untuk para perempuan Indonesia dalam memperjuangkan hak-haknya. Namun, perlu kita ingat kembali apakah Kartini hanya memperjuangkan hak perempuan agar disetarakan dengan laki-laki seperti yang digembar-gemborkan saat ini?

Baca selengkapnya »

Sosok ‘Kartini’ Masa Kini

Sejak dua tahun lalu, ketidakberdayaan pendidikan bagi anak-anak suku Akit diputus oleh seseorang dengan sosok Kartini modern. Wanita yang juga seorang guru agaknya begitu terinspirasi dengan apa yang dilakukan oleh Kartini pada masanya. Bukan memperjuangkan para perempuan untuk kesetaraan gender terhadap laki-laki tetapi menjembatani anak-anak suku asli untuk bisa bersekolah mendapatkan haknya memperoleh pendidikan sama halnya dengan anak-anak Indonesia di daerah lain.

Baca selengkapnya »

Mahasiswa Universitas Airlangga Gelar Aksi Sosial Pembagian Hijab Gratis

Selain mengampanyekan wanita Muslimah untuk berhijab, mahasiswa mahasiswi ini juga membagikan 300 hijab gratis dan stiker peringatan hari Kartini kepada pengunjung Car Free Day. “Alhamdulillah acaranya lancar dan banyak mendapat respons positif dari warga, buktinya sekitar 300 hijab gratis yang kami bagikan ludes hanya dalam 30 menit” Jefry, ketua umum Janur UKMKI.

Baca selengkapnya »

Makna Perjuangan RA Kartini, Apakah Itu?  

Kartini dulunya dikenal dengan perjuangannya agar kaum wanita bisa mendapatkan perlakuan yang bijak, merasakan manisnya duduk di bangku pendidikan, dan terlepas dari belenggu dapur, kasur, dan sumur. Perjuangan mendapatkan hak seperti itu tidak pernah bisa disalahkan. Agama kita pun sebenarnya tidak pernah menetapkan batasan-batasan sempit pada wanita.

Baca selengkapnya »

Jangan Buat Kartini Menangis

Majulah wahai saudari-saudariku. Raihlah mimpi-mimpimu, tapi jangan lupakan kodratmu, jangan lalaikan kewajibanmu. Jangan buat Kartini menangis dengan tingkah laku burukmu. Kartini berjuang untuk meninggikan derajatmu, mendapatkan hakmu, bukan untuk melawan kodratmu, bukan pula menghapus kewajibanmu sebagai seorang perempuan dalam keluarga, masyarakat dan juga negara.

Baca selengkapnya »
Organization