Topic Archives: ekonomi islam

Bebaskan Perekonomian dari Riba dan Judi

Dalam transaksi keuangan, eksploitasi maupun ketidakadilan juga mungkin terjadi. Dalam hal simpan-pinjam, misalnya, Islam melarang untuk mengenakan denda jika utang telat bayar karena prinsip utang dalam hal ini adalah menolong orang lain dan tidak dibolehkan mengambil keuntungan dalam menolong orang lain. Dalam riba jahiliyah tersebut, potensi eksploitasi sangat tinggi.

Baca selengkapnya »

Ekonomi Islam dan Islam Dalam Berekonomi

Ekonomi Islam setidaknya mengandung dua unsur: Moral economic and legal economic. Ia harus legal secara Islam dan harus mengandung nilai-nilai moral. Tidak heran Rasul pernah bersabda “Belum dikatakan beriman salah satu di antara kalian jika tetangga kalian tidak makan sementara kalian berada dalam kecukupan”. Maka ekonomi Islam bukan hanya ekonomi yang coba dicari nilai-nilai dan sistemnya dalam Islam, tetapi juga Islam dalam berekonomi.

Baca selengkapnya »

Ekonomi Islam vs Ekonomi Kapitalis

Lantas bagaimana seharusnya para pejuang ekonomi Islam bertindak di negeri penduduk mayoritas muslim ini? Jawabannya adalah persis seperti strategi yang dilakukan orang pertama dalam ilustrasi diatas. Kita harus dapat melihat dan menghadapi ancaman kapitalisme bersama. Darimanapun datangnya ancaman, kita harus selalu sigap menghadapinya. Bagaimana implementasinya? Yaitu dengan mulai menjauhi seluruh sektor yang bersentuhan dengan kapitalis. Misal: perbankan konvensional, asuransi konvensional, pasar modal, bahkan telekomunikasi dan media pun harus kita waspadai. Rubah perlahan dengan prinsip ekonomi Islam.

Baca selengkapnya »

Ekonomi Islam Mengawal Pembangunan Indonesia di Tahun 2017

Warga Negara Indonesia (WNI) dapat berpartisipasi langsung dalam pembangunan sekaligus memperoleh imbalan investasi yang menguntungkan dengan menjadi investor Sukuk Ritel. Sukuk Ritel merupakan instrumen investasi yang diterbitkan Pemerintah di pasar perdana, khusus untuk Warga Negara Indonesia. Calon investor dapat membelinya melalui Agen Penjual yang ditunjuk Pemerintah. Hampir seluruh bank besar, termasuk didalamnya yaitu bank syariah telah bergabung menjadi Agen Penjual Sukuk Ritel. Melalui Agen Penjual tersebut, setiap WNI yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP dapat membeli Sukuk Ritel.

Baca selengkapnya »

Ekonomi Islam Harga Mati

Jika ekonomi Islam tidak ditegakan dan diterapkan, tentu saja bersiap akan kehancuran dan keberkuasaan segelintir orang yang tidak berperikemanusiaan. Ekonomi Islam adalah harga mati. Yakinkan, dan pastikan kita adalah salah satu dari pejuang ekonomi Islam itu, hingga pada saat Allah menanyakan di mana posisi kita saat carut marut kedzaliman yang bersumber dari ekonomi merajalela, kita tahu di mana posisi kita.

Baca selengkapnya »

Ekonomi Islam Harga Mati

Jika ekonomi Islam tidak ditegakan dan diterapkan, tentu saja bersiap akan kehancuran dan keberkuasaan segelintir orang yang tidak berprikemanusiian. Ekonomi Islam adalah harga mati. Yakinkan, dan pastikan kita adalah salah satu dari pejuang ekonomi Islam itu, hingga pada saat Allah menanyakan di mana posisi kita saat carut marut kedzaliman yang bersumber dari ekonomi merajalela, kita tahu di mana posisi kita.

Baca selengkapnya »

High Impact Concept dalam Aktivitas Berekonomi yang Dimiliki Islam

Konsep zakat dalam Islam merupakan sikap kepedulian yang diwajibkan kepada setiap muslim yang memiliki penghasilan diatas nishab. Zakat dapat mendorong individu yang tidak daya beli untuk tetap dapat meningkatkan kesejahteraannya. Jika digambarkan dalam contract curve yang membentuk pareto efficiency, zakat bisa mendorong kondisi pareto yang lebih berada di tengah. Semakin ke tengah mengindikasikan bahwa kesejahteraan tiap-tiap individu yang diukur dengan banyak barang x dan y yang didapatkan akan semakin setara. Dalam gambar 1.0 terlihat bahwa zakat bisa mendorong pareto efficiency untuk lebih berada di tengah dengan asumsi bahwa setiap pendapatan yang diperoleh dari zakat akan digunakan untuk membeli kombinasi barang x dan y. Sehingga pergeseran titik pareto efficiency akan sebesar zakat yang diterima oleh mustahiq.

Baca selengkapnya »
Organization