Topic
Home / Berita / Silaturahim / Temu Ilmiah Nasional Aktifis Ekonomi Islam

Temu Ilmiah Nasional Aktifis Ekonomi Islam

Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS) Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI),
Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS) Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI),

dakwatuna.com – Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) adalah wadah asosiasi Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) yang berada di ratusan kampus di Indonesia. Setelah beberapa waktu lalu FoSSEI berhasil mempresentasikan konsep KSEI sebagai counter secularism  di forum internasional Asean Muslim Student Summit yang di selenggarakan di Malaysia, bulan ini FoSSEI akan meyelenggarakan even akbarnya yaitu Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS) pada  tanggal 10-13 Maret 2016.

Setelah 15 tahun FoSSEI menunjukkan eksistensinya, diharapkan FoSSEI semakin memberikan dampak nyata terhadap prekenomian bangsa. Dalam roadmap FoSSEI, visi lima tahunan 2015-2020 adalah visi internasionalisasi dan kebangsaan. Untuk mewujudkan itu, FoSSEI mulai terlibat dalam forum-forum internasional dan terus membangun kerjasama antar lembaga, baik lembaga industri, pemerintah, dan lainnya.

Itulah juga salah satu yang melatarbelakangi Temilnas tahun ini mengangkat tema “Revitalisasi Modal Sosial dalam Pembangunan Ekonomi Desa”. Seluruh AKtifis ekonomi Islam diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata untuk pembangunan ekonomi Negara yang dimulai dengan pembangunan ekonomi Desa.

“tahun ini kita ingin aktifis Ekonomi Islam tidak berhenti dan puas di tahap pengkajian, tapi juga harus mulai menerjemahkan semua yang dikaji dalam implementasi nyata di tengah-tengah masyarakat,” tutur Multazam Zakaria,

“sehingga Ekonomi Islam tidak berhenti dalam ruang wacana, tapi benar-benar dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat.” Lanjut pria yang menjabat Presidium Nasional FoSSEI itu.

Ada pun rangkaian acara Temilnas tahun ini dianataranya: Seminar Internasional yang menghadirkan praktisi, pembuat regulasi, stakeholder dan akademisi Ekonomi Islam dari dalam dan luar negeri; Simposium Paper Ekonomi Islam, Olimpiade Ekonomi Islam untuk Mahasiswa, Achievment Motivation Training, Excecutive Talks, Penanda Tanganan MoU dengan beberapa Lembaga, Sarasehan FoSSEI, forum-forum konsolidasi internal dan lainnya.

Temilnas yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini akan dihadiri 700-an aktifis Ekonomi Islam dari seluruh Indonesia. “sebagian sudah tiba di lokasi,” ujar Hafid Koesmahendra, “sebagaian sedang dalam perjalanan.” Lanjut pria yang juga menjabat sebagai Presidium Nasional FoSSEI. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ibnu Khaldun Gelar Seminar Internasional Ekonomi Islam

Figure
Organization