Topic Archives: demokrasi

Standar Ganda Para Penganjur Demokrasi, Pasca Gagalnya Upaya Kudeta di Turki

Fealy dari Australia menyoroti sisi buruk demokrasi yakni adanya standar ganda dan dilema demokrasi dalam penerapannya terutama di dunia Islam. Bahwa di suatu saat menurut Fealy, negara-negara Barat akan mendiamkan praktik pelanggaran HAM di negeri-negeri Muslim jika menguntungkan kepentingan mereka. Sebaliknya mereka akan bersuara lantang tentang suatu pelanggaran kecil jika itu terjadi di negeri Muslim yang menjadi ancaman bagi mereka.

Baca selengkapnya »

Pemenang Tetap Money Politic

Pilkada langsung atau tidak langsung, pemenangnya ditentukan lewat money politic. Dari hasil obrolan santai dengan beberapa dosen muda mengatakan rakyat tidak butuh demokrasi, rakyat butuh harga murah, aman tenteram dan lapangan kerja banyak. Bagi rakyat siapapun pemimpinnya itu tidak begitu penting yang terpenting bagaimana pemimpin itu mampu mensejahterakan rakyat bukan membebani rakyat dengan elegan.

Baca selengkapnya »

Demokrasi untuk Rakyat?

Kita sebagai kekuatan terbesar dalam demokrasi yaitu rakyat (civil society) dapat menyatukan kekuatan dalam mendorong, mengawasi dan mengawal agar pemilu yang akan kita laksanakan dapat berkualitas dan bebas dari politik uang serta kampanye hitam. Dalam menghadapi pemilu ini harus ada revolusi meningkatkan kesadaran berpolitik, kita catat dan dengarkan janji-janji yang kelak jika tidak ditepati maka kita bisa lakukan impeachment.

Baca selengkapnya »

Demokrasi Ikhlas

Demokrasi, kebebasan, adalah medium yang sempurna untuk menyuarakan kebaikan. Dengan demokrasi, kekalahan dapat disikapi dengan ikhlas. Tanpa demokrasi, kemenangan cerminan wajah tiran, dan kekalahan menjadi ‘ketidakikhlasan’ yang dipaksakan.

Baca selengkapnya »
Organization