Topic Archives: Dakwah

Manisnya Web Bombastis dan Hambarnya Web Resmi

Begitulah tipu daya zaman ini, ketika kita harus keluar dari satu tipu daya untuk terjerembab pada tipu daya yang lain. Ketika kita harus keluar dari satu jalan, untuk terjebak pada kebuntuan jalan lain. Manisnya adalah umpan, pahitnya adalah racun. Kebebasannya, otoriternya, sama-sama menghancurkan. Hingga kita tak mungkin luput darinya. Ia tidak hanya menghadang kita dari depan, tapi juga menghantam dari belakang. Ia tidak hanya menghampiri kita dari kiri, tapi juga menimpa dari kanan kita. Namun masih ada atas untuk kita menengadahkan tangan, dan ada bawah untuk kita bersujud.

Baca selengkapnya »

Cita Cinta Dakwah, Cinta Cita Dakwah

Maka membangun cinta untuk cita agung bernama dakwah, adalah hal mesti lakukan bersama-sama, dan menjaga cita kita agar selalu cint akan dakwah memerlukan rekan yang selalu siap sedia setia mengingatkan. Cita dan cinta itulah yang akan membuat kita setia dengan jalan dakwah ini, kehadiran kita akan berharga untuk kebertahanan saudara kita, kita bukan para anbiya, tapi kita harus percaya usaha kita dan mereka akan sama di mana sang Penguasa alam, tantangan kita sama, jalan penuh hina, papa, dan derita.

Baca selengkapnya »

Belajar Dakwah dari Perang Padri

Ketika membaca rekam jejak dakwah para nabi, Nabi Nuh sabar berdakwah selama 950 tahun lamanya, walaupun hasil jerih payah itu hanya segelintir orang yang sudi mengikutinya. Sebagian riwayat mengatakan hanya 10 orang, dalam riwayat lain mengatakan 25 dan 80 orang. Wali Songo dengan pendekatan kultural malah membuat rakyat Jawa berbondong-bondong menyambut seruan dakwah. Untung saja Tuanku Imam Bonjol belajar dari masa lalu, jurang antara agama dan adat semakin dangkal.

Baca selengkapnya »

Path Story

Zaman semakin mengekang, dan engkau kan merasa kerasnya bebatuan, cadas nan tajam. Semakin sulit berpegang pada prinsip kebenaran, karena mereka ingin Imanmu padam. Lalu engkau kan merasa panasnya bara api di tangan lalu kau genggam. Mereka akan terus mengungkit masa-masa kelam. Sampai-sampai membuatmu naik pitam. Tetapi jangan menyerah, jaga Ia, semai dengan tazkirah tak temaram. Teguhlah, bila perlu gigit Ia dengan gigi geraham.

Baca selengkapnya »

Kontribusi Para Pejuang

Mari kita bermuhasabah ya ayyuhal ikhwah… Kita hanya dituntut berkontribusi dengan rintangan dan pengorbanan yang tidak seberapa jika dibanding dengan kisah saudara-saudara kita di atas. Maka maksimalkanlah amanah-amanah ini. Buatlah orang-orang di sekitar kita bangga dengan kontribusi dakwah ini. Semoga kontribusi ini menjadi alasan Allah SWT mempertemukan kita kembali dengan cerita-cerita indah di Surga kelak. Aaaminn

Baca selengkapnya »

Percayalah Pada Dakwah!

Dakwah adalah satu-satunya Jalan! Percayalah! “Dakwah akan terus berjalan, dengan atau tanpa kita”, begitu ucap Syaikh Mustafa Masyhur. Dakwah akan terus bergaung ke seluruh tempat di bumi ini, dakwah akan terus meluas menembus tebalnya tembok belantara perkotaan, dakwah akan terus menyebar sampai ke pelosok-pelosok terpencil, dakwah akan terus bergema dari tepi sungai hingga puncak gunung, dakwah akan terus tersebar dari tepi pantai hingga hutan belantara, dakwah akan terus diserukan hingga Islam tegak di hati manusia.

Baca selengkapnya »

Benarkah Ini Tentang Dakwah?

Aku malu ketika melihat diriku yang masih penuh kekurangan ini mendengungkan kata dakwah. Pengorbananku sangat tidak seberapa bila dibandingkan dengan apa yang sahabat Rasul lakukan. Dan kemarin aku sudah mengatakan bahwa aku ada di sini untuk dakwah. Lalu, aku mulai bertanya pada diriku sendiri, siapkah aku dilempari batu ketika mempertahankan agama ini? Batu-batu yang ada di zaman ini bisa jadi bukan dalam bentuk fisik batu, tetapi bisa jadi dalam bentuk pemikiran-pemikiran yang dilemparkan untuk membelokkan pandangan orang mengenai Islam.

Baca selengkapnya »

Untuk Dakwah ini, untuk Umat ini

Untuk terwujudnya suatu kondisi yang kondusif, sehingga lebih banyak lagi saudara kita yang terselamatkan, lebih banyak lagi yang mengenal dien ini. Saudara-saudara kita, teman-teman kita, yang belum mengenal dinul Islam ini, sedang mereka banyak berbuat kebaikan pada kita, mereka yang sebenarnya memiliki potensi untuk menjadi baik, agar bisa terengkuh dalam kebersamaan dalam dien ini, menikmati keindahan Islam ini bersama, membalas kebaikan mereka, menyempurnakan kebaikan yang telah mereka lakukan dengan dinul Islam ini.

Baca selengkapnya »