Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bisakah Renovasi Rumah Tanpa Rubah Muka Lama Rumah?

Bisakah Renovasi Rumah Tanpa Rubah Muka Lama Rumah?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Dakatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan di dakwatuna, saya memiliki rumah 1 lantai yang ingin di renovasi. Namun bisakah saya renovasi rumah tersebut tanpa mengubah muka lama rumah ? Agar hemat biaya dan waktu nya menjadi lebih cepat ?

Kebutuhan ruang di lantai dasar adalah 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur di perluas serta ruang makan ada di dekat tangga. Ruang yang sekarang terlalu lapang, tidak ada pemisah antara ruang tamu dan ruang di sebelah nya.

Untuk Lantai 2 saya ingin ada 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang cuci jemur dan void ke bawah agar lantai bawah terang. Saya ingin juga ruang tidur yang paling depan agak lebih luas dari pada ruang tidur yang di belakang.

Jika ada waktu, silakan Pak Andan ke rumah kami agar lebih mudah melihat pola desain yang kami inginkan.

Demikian Pak Andan. Terima kasih atas perhatian nya.

Wassaalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Surya – Tangerang

 

Jawaban:

Wa alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Surya di Tangerang,

Jazakallah atas akses nya ke dakwatuna.com , semoga silaturahim kita di berkahi Allah. Semoga senantiasa netters sekalian di berkahi Allah.

Pak Surya, in sha Allah saya luangkan waktu untuk meninjau rumah bapak di Tangerang. Karena ada beberapa kerjaan juga di daerah sana. Jadi bisa mampir sekalian. Tukang saya juga ada yang tinggal di daerah sana. Jadi nanti bisa pakai tukang saya sekalian.

Untuk tampak muka bisa saya pertahankan. Tinggal saya sesuaikan tampak nya dengan bangunan baru di atas. Cara ini  adalah cara paling hemat. Karena bangunan lama tidak saya bongkar.

Pola denah nya juga demikian. Di atas kamar mandi lama saya letakkan kamar mandi baru. Hingga kamar mandi baru yang ada di tengah persis ada di atas kamar mandi lama. Lalu kamar mandi di belakang lantai 2 saya letakkan di atas bekas kamar mandi lama yang sudah saya bongkar. Hingga jalur pipa air yang lama masih bisa saya pakai.

Untuk void saya buat 3 bagian. Di atas dapur , di atas taman dan di dekat tangga. Hingga dengan pola ini rumah Pak Surya menjadi lebih segar dan lebih bercahaya.

Tangga saya letakkan di samping belakang , agar tidak terlalu memakan tempat. Ruangan di bawah tangga juga bisa saya manfaatkan.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Akhirul kalam, Billaahi taufik wal hidayah

Wassalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Ir. Andan Nadriasta – www.griyainsani.com

Hp  :  0813 1901 0400 ( Wa Only )

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]
fb  : griyainsani
IG : @griyainsani
Twitter : @griyainsani_com

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Bisakah Saya Renovasi Rumah 200 Juta?