Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Renovasi Rumah Sebaiknya 1 lantai Atau 2 Lantai?

Renovasi Rumah Sebaiknya 1 lantai Atau 2 Lantai?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan di dakwatuna, saya memiliki rumah lama yang ingin di renovasi. Di sebelah bangunan ada tanah kosong. Data – data nya saya kirim ke Pak Andan via WA. Rumah tersebut ingin saya gunakan juga untuk pengajian anak – anak atau taman bacaan.

Kebutuhan ruang nya adalah : 1 kamar tidur utama plus wc, 3 kamar tidur anak, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dapur, ruang pengajian, carport, ruang cuci jemur dan teras.

Pertanyaan nya apakah saya harus merenovasi menjadi 2 lantai atau cukup 1 lantai saja ? Sementara dana saya cukup terbatas.

Demikian pertanyaan saya Pak Andan, Terima kasih atas jawabannya. Jika ada waktu bisa mampir pak, ke Bojong Gede – Bogor.

Wassalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Evie – Bojong Gede

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Bu Evie yang saya hormati, beserta netters sekalian. Terima kasih atas akses nya dakwatuna khusus nya rubrik arsitektur. Hingga kita dapat mendapat banyak informasi solusi hemat untuk renovasi rumah atau bangun baru rumah.

Banyak sekali di lapangan saya temukan orang membuat renovasi rumah tanpa desain. Sayang sekali. Karena hasil nya tidak maksimal. Malah ada yang tidak bisa di tempati rumah nya karena kehabisan dana.

Untuk itu bersabar sebentar membuat desain, lalu ikhlas mengeluarkan fee arsitek yang tidak seberapa, kemudian membentuk tim tukang yang mengerti gambar adalah sebuah keniscayaan. Karena dengan hal seperti ini justru akan terjadi penghematan biaya renovasi. Bangunan terukur dan bahkan jika ingin ada perubahan di tengah jalan tetap terkontrol.

Nah, seperti Bu Evie kali ini. Pertanyaan tersebut tentu akan bisa terjawab manakala di buat desain nya. Di rancang dengan baik dan tentu di diskusikan pula dengan pemilik rumah. Hingga desain yang di hasilkan sesuai. Sesuai dengan dana yang ada, sesuai pula dengan selera.

Untuk kebutuhan Bu Evie, maka setelah saya desain ternyata tidak cukup semua kebutuhan tersebut jika di patok di lantai 1 semua. Hingga saya coba pertahankan rumah lama dan menyambung nya dengan pola yang baru di tanah kosong sebelah rumah.

Ruang tidur utama menjadi patokan desain saya pada rumah yang baru. Karena ia area privasi yang perlu di jaga dengan baik. Di samping area ini saya selipkan taman, teras dan kamar mandi utama. Hingga kenyamanan nya maksimal.

Pada rumah baru ini juga saya masukkan dapur, ruang pengajian dan ruang cuci jemur. Karena tanah kosong maka saya lebih mudah mengolah nya. Hingga rumah lama saya hanya fokus pada area hunian saja.

Untuk pengembangan nya saya buat ke atas. Saya tumpuk saja bangunan lama dengan 2 kamar tidur di atas nya plus wc di tengah. Hingga struktur nya mudah dan murah. Area tangki air juga mudah saya akses dengan meletakkan nya di dak beton atap.

Pada tahap ke 2 ini, 1 ruang tidur lama rumah lama saya korbankan jadi ruang tamu. Dengan akses teras depan yang menyatu dengan carport akan membuat muka rumah menjadi cantik dan menawan.

Alhamdulillah, selesai sudah jawaban nya. Jadi kesimpulan nya adalaha rumah ini awal nya di renovasi dengan bangunan 1 lantai saja agar dana nya hemat. Lalu jika ada dana lagi, bisa dilanjutkan pada bangunan lantai 2 nya yang desain nya sudah saya siapkan.

Demikian netters sekalian. Semoga bermanfaat keterangan saya ini.

Wassalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Ir. Andan Nadriasta – www.griyainsani.com

Hp  :  0813 1901 0400 ( Wa Only )

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]
fb  : griyainsani
IG : @griyainsani
Twitter : @griyainsani_com

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Sebaiknya Renovasi Tingkat di Depan Atau Belakang?