Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Rumah Saya Lahannya Tidak Beraturan, Bagaimana Cara Merenovasinya?

Rumah Saya Lahannya Tidak Beraturan, Bagaimana Cara Merenovasinya?

DAKWATUNA Toha Pamulang - disain 2 mezanindakwatuna.com –

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan yang saya hormati, saya ingin merenovasi rumah karena kebutuhan keluarga. Namun bentuk lahan saya tidak beraturan. Kami tinggal di perumahan sekitar Pamulang. Kiri dan kanan kami sudah rapat dengan bangunan tetangga. Jadi muka rumah kami hanya 5 meter. Kami bingung harus memulai dari mana. Apalagi dana yang ada terbatas.

Saya ingin rumah ini kelak memiliki 3 ruang tidur di bawah. Mushalla dan ruang keluarga yang saling berdekatan. Ruang makan yang berdekatan dengan dapur. 2 kamar mandi dan , ruang tamu, carport 1 mobil , parkir motor dan masih menyisakan taman di belakang dan depan rumah.

Di atas saya ingin ada 2 kamar tidur, ruang duduk, ruang cuci jemur, 1 kamar mandi dan gudang. Lalu di atas saya juga ingin ada atap carport yang bisa di manfaatkan untuk balkon. Hingga bisa multi fungsi.

Demikian pertanyaan kami. Terima kasih atas jawaban Pak Andan.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Toha – Pamulang  Tangerang

 

Jabawan:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Toha di Pamulang, semoga Allah memberkahi silaturahim kita melalui media dakwatuna ini. Semoga Allah memberi kelapangan rezki kepada bapak sekeluarga agar rumah dengan tanah yang unik ini dapat segera di renovasi sesuai keinginan dan sesuai pula dengan kebutuhan.

Baru kali ini saya menemukan kasus seperti ini. Tanah yang ada nampak tidak beraturan. Padahal ia berada di lingkungan komplek perumahan. Mungkin saja pola pembagian tanah nya merupakan lahan sisa di sisi kiri bangunan. Karena nampaknya sisi kanan bangunan adalah merupakan center as bangunan. Yang kemudian di buang ke kiri secara pekerjaan lapangan.

Baiklah, mari kita mulai secara perlahan memahami desain ini. Agar kita bisa memperoleh desain yang murah dan hemat. Namun sesuai dengan kaidah arsitektur dan juga sesuai dengan keinginan pemiliknya. Semoga Allah membimbing kita dengan sabar untuk dapat memahami pola desain yang rumit ini.

Netters sekalian, agar hemat sisi utama bangunan lama tidak dibongkar. 2 kamar tidur di kanan beserta wc dan kamar tidur utama plus wc utama tetap seperti sediakala. Jadi lantai dasar saya hanya mundurkan sedikit ruang tamu agar mobil bisa masuk dengan nyaman. Lalu ruang belakang yang pengap saya buka hingga menempel ke tembok belakang. Dengan mushalla sebagai ending area dan taman di kiri kanan nya maka lantai satu menjadi segar.

Dapur, ruang motor, ruang makan dan area tangga tetap tidak berubah. Karena sebenarnya rumah ini sudah memiliki ruang lantai 2 di atas area service ini. Bagian atas yang  lama adalah ruang cuci jemur. Hingga saya hanya perbaiki pola tangganya saja.

Untuk lantai 2 sendiri saya jadikan 2 kamar tidur. Lalu ada penambahan cor dak beton ke belakang sebagai ruang cuci jemur dan wc cuci nya. Untuk cor dak beton ke depan saya jadikan atap carport yang berfungsi sebagai balkon.

Penjelasan terakhir adalah gudang. Untuk menghemat biaya maka saya manfaatkan sisa ruang di bawah atap lantai satu bangunan sisi kanan sebagai gudang. Jadi kita tidak perlu membuat ruang lagi secara khusus. Gudang sebenarnya pilihan. Untuk itu saya tampilkan alternatif denah nya. Jika tidak perlu seluas itu, maka cukup gudang bercampur dengan ruang cuci jemur saja.

Alhamdulillah, akhirnya selesai sudah desain ini. Semoga dapat di pahami dengan baik pola desain ini. Mohon maaf jika file jpg yang saya tampilkan memiliki keterbatasan. Karena file ini bisa di akses free. Sementara gambar detail nya jika ditampilkan akan berat. Selain itu juga akan rumit karena memiliki jumlah file yang banyak sekali.

Untuk itulah biasanya jika ada yang benar – benar membutuhkan jasa desain arsitektur, maka langsung menghubungi saya. Karena sebenarnya banyak sekali kenyataan di lapangan rumah terbangun tanpa desain panduan yang jelas. Hingga pekerjaan malah menjadi boros dan tidak terukur.

Demikian penjelasan saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Semoga Pak Toha dan keluarga dapat segera menempati rumah yang akan di renovasi ini.

Akhirul kalam,

Wassalaamu ’alaikum wr wb
Ir. Andan Nadriasta – 0817 496 5742

Kirimkan email pertanyaan/order desain/pelaksanaan ke: [email protected]

DAKWATUNA toha pamulang desain 2 mezanin view denah awalDAKWATUNA toha pamulang desain 2 mezanin view 1Toha disain 1 - RENOV LT. 1DAKWATUNAToha Pamulang - disain 2 mezanin - view 4DAKWATUNA Toha Pamulang - disain 2 mezaninDAKWATUNA Toha Pamulang - disain 2 mezanin - view 5DAKWATUNA Toha Pamulang - disain 2 mezanin - view 1DAKWATUNA  Toha Pamulang - disain 2 mezanin - view 2

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Bisakah Saya Renovasi Rumah 200 Juta?

Organization