Home / Berita / Internasional / Asia / Turki Renovasi Kembali Stasiun Kereta Api Hijaz yang Berjaya di Era Utsmani

Turki Renovasi Kembali Stasiun Kereta Api Hijaz yang Berjaya di Era Utsmani

Arsip foto stasiun Kereta Api Hijaz di Palestina tahun 1905. (wikipedia.com)

dakwatuna.com – Ankara. Pemerintah Turki dilaporkan akan mengaktifkan kembali stasiun kereta api Hijaz yang fenomenal dalam sejarah pemerintahan Usmaniyah Turki. Pada masa jayanya, kereta tersebut beroperasi pada tahun 1908, jalurnya terbentang antara Damaskus (Suriah)-Amman (Yordania)-Madinah (Arab Saudi). Stasiun yang akan diaktifkan kembali oleh Turki ini terletak di Tripoli utara Libanon.

Pemerintah Turki bekerjasama dengan pihak Lebanon melalukan perbaikan stasiun tersebut, untuk melestarikan peninggalan bersejarah dari masa Turki Usmani. Surat kerjasama sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak, pihak kementerian Pariwisata Turki akan memberikan bantuan untuk merenovasi stasiun Kereta Api Hijaz ini.

Stasiun bersejarah di Tripoli Libanon ini pertama kali dibangun pada tahun 1911, dan berhenti beroperasi pada tahun 1975 akibat meletusnya perang saudara yang meletus di negeri itu. Dahulu stasiun kereta api ini menghubungkan Istanbul di Turki, Palestina dan Damaskus (Suriah).(msy/dakwatuna)

Sumber: dailysabah.com

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Erdogan: Jangan Tutup-tutupi Fakta Pembunuhan Khashoggi