Home / Berita / Internasional / Asia / Dua Korea Sepakat Akhiri Perseteruan

Dua Korea Sepakat Akhiri Perseteruan

Kedua Presiden menanam ‘Pohon Perdamaian’ di perbatasan Korut dan Korsel. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Seoul. Presiden Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, sepakat menghentikan proyek nuklir dari Semenanjung Korea. Dalam pertemuan bersejarah antara keduanya itu, mereka juga berkomitmen membangun perdamaian.

“Korut dan Korsel menyepakati tujuan bersama, yaitu Semenanjung Korea bebas dari senjata nuklir, dengan pelucutan totoal senjata-senjata itu,” bunyi pernyataan bersama, seperti dikutip Aljazeera, Sabtu (28/04/2018).

Selain itu, dalam pernyataan bersama juga dijelaskan kedua pihak akan mengakhiri Perang Korea tahun ini. “Kami akan mengubah kesepakatan gencatan senjata menjadi kesepakatan damai, sehingga tidak ada perang lagi di Semenanjung Korea.”

Dalam pertemuan bersejarah itu, kedua presiden tersebut juga menanam pohon pinus tepat di garis perbatasan antara Korut dan Korsel. Terdapat tulisan “penanaman perdamaian dan kemakmuran” di dalam prasasti pohon tersebut.

Sebelumnya, menurut Jubir Kepresidenan Korsel, pembahasan tentang pelucutan senjata nuklir berjalan serius dan bersahabat. Situasi itu juga mewarnai pembahasan perdamaian dan pengembangan hubungan.

Pertemuan dua presiden Korea itu digelar di Panmunjom, yang terletak di perbatasan Korut dan Korsel. Presiden Kim Jong-un juga mengaku siap berkunjung ke Seoul apabila mendapat undangan dari Korsel.

Kim Jong-un menjadi presiden Korut pertama yang menyeberangi perbatasan dan menginjakkan kaki ke Korsel sejak Perang Korea 1950-1953 silam. Peristiwa itu menjadi perhatian dunia secara luas. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Dua Warga Palestina Gugur dalam Serangan Udara Israel

Organization