Home / Berita / Internasional / Asia / Raja Salman dan Pejabat Vatikan Bahas Pemberantasan Radikalisme

Raja Salman dan Pejabat Vatikan Bahas Pemberantasan Radikalisme

Raja Salman menyambut tamunya, Kardinal Jean-Louis Tauran. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Riyadh. Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, menerima kunjungan Ketua Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, Kardinal Jean Louis Tauran. Kardinal diketahui telah berada di Riyadh sejak Jumat (13/04) lalu.

Kantor Berita Saudi (SPA) melaporkan, pertemuan keduanya menegaskan urgensi pemberantasan ektremisme, radikalisme dan terorisme. Selain itu keduanya juga sepakat untuk mewujudkan keamanan dan stabilitas dunia.

Selain bertemu Raja Salman, Kardinal juga berkunjung ke Pusat Global untuk Melawan Pemikiran Ekstrem (Pusat Moderasi/Etidal). Di sana ia bertemu dan berdialog dengan Sekjen Pusat Moderasi, Naser al-Buqami.

“Keduanya membahas kerja sama dalam bidang studi, penelitian dan keagamaan,” seperti dikutip dari Aljazeera.net, Kamis (19/04/2018).

Dalam pertemuan dengan Al-Buqami, Kardinal mengatakan, “Sangat penting memandang bahwa Anda punya visi dan pesan. Anda sangat bijak dalam menganalisis sebab radikalisme.”

Lebih lanjut, Kardinal menyebut musuh utama saat ini adalah radikalime dan kebodohan. “Aku tidak percaya pada benturan peradaban (clash of civilization), tapi aku meyakini adanya benturan ketidaktahuan,” imbuhnya.

Selain itu, Kardinal juga bertemu dengan Menlu Saudi, Adel al-Jubeir. Kedua menegaskan urgensi untuk saling berdialog antar agama dan kebudayaan.

Ini mereka pandang penting untuk memberantas ektremisme, radikalisme, terorisme serta mewujudkan keamanan dan stabilitas dunia. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Mengenang 5 Tahun Tragedi Rabi’ah di Mesir

Organization