Home / Berita / Daerah / Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue

Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue

Tim Rescue PKPU HI sedang membantu masyarakat yang terkena ledakan Sinabung, Sumatera Utara. (foto: PKPU HI)

dakwatuna.com – Sumatera Utara. PKPU Human Initiative terjunkan Tim Rescue untuk merespon meletusnya Gunung Sinabung pada Senin (19/2/2018) lalu. Sejumlah relawan diterjunkan untuk membantu masyarakat membersihkan debu vulkanik khususnya di sekitar Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo.

“Selain bersih-bersih, kami juga membagikan masker gratis kepada masyarakat,” terang Fahkri Akhfal, Koordinator Tim Rescue PKPU Human Initiative.

Menurut Fakhri, saat ini kebutuhan yang diperlukan masyarakat adalah masker, obat-obatan, dan alat pembersih debu di lapangan seperti cangkul dan selang air.

Menurut laporan yang diterima dakwatuna.com dari PKPU HI, hingga laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung. Kondisi sebagian Tanah Karo tertutup kabut tebal serta hujan abu. Menurut PVMBG, beberapa kecamatan terkena dampak hujan batu dari material vulkanik. Ketebalan abu di jalan mencapai 5 cm.

Tim Rescue PKPU Human Initiative terus melakukan koordinasi dengan institusi kebencanaan dan berbagai pihak serta mengevakuasi warga korban terdampak.

“Tindakan yang akan dilakukan, kami terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat, BPBD, PVMBG (pemantau Gunung Sinabung) serta mengevakuasi warga di wilayah yang rawan terkena dampak letusan susulan,” terang Fakhri dalam laporannya.

Potensi letusan Gunung Sinabung masih besar. Aktifitas masyarakat sebagian dihentikan sementara karena tebalnya hujan debu vulaknik. (Gie/sb/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Berkhidmat Disaat Tragedi Menyapa

Organization