Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Krisis Timur Tengah, Terorislah yang Jadi Pemenang

Krisis Timur Tengah, Terorislah yang Jadi Pemenang

Ilustrasi solidaritas Teluk, bertuliskan “Kekuatan kami ada pada persatuan kami”. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Surat kabar harian Daily Telegraph pada headlinenya mengomentari krisis diplomatik antara beberapa negara Teluk dengan Qatar. Bahkan dikatakan itu terjadi di waktu yang terburuk bagi Barat. Di mana Barat yakin bahwa kekalahan ISIS merupakan prioritas yang mendesak di Kawasan ini.

“Arab Saudi dan sekutunya menuding Qatar telah mendukung organisasi teroris seperti ISIS, serta melakukan intervensi atas urusan dalam negeri negara Arab lainnya.”

Selanjutnya, surat kabar yang terbit di Inggris itu melaporkan, langkah ketat yang diberlakukan Arab Saudi dan sekutunya terhadap Qatar, merupakan respon atas upaya Qatar yang menjalin hubungan dengan Iran. Sebagaimana diketahui, Iran merupakan musuh bagi Arab Saudi.

Terlepas dari itu, Arab Saudi dan sekutunya juga menuding Qatar telah mendukung organisasi teroris seperti ISIS dan melakukan intervensi atas urusan dalam negeri negara Arab lainnya.

Lebih lanjut, disebutkan bahwa kekhawatiran yang ditimbulkan dari krisis ini adalah berkurangnya kemampuan Koalisi Teluk dalam memerangi ISIS. Karena Qatar memiliki beberapa pangkalan udara yang dapat digunakan untuk kampanye udara melawan ISIS di Irak dan Suriah.

Laporan Daily Telegraph ini diakhiri dengan mengatakan, Arab Saudi dan sekutunya mungkin memiliki keluhan. Tapi, langkah yang mereka tempuh jelas berpengaruh buruk terhadap upaya koalisi dalam memerangi ISIS, yang bahkan Barat melihat adanya hasil yang sebaliknya. Yaitu teroris lah yang akan menang jika sebagian negara teluk itu tidak segera menyelesaikan masalahnya dengan Qatar. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera.net

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Qatar Kepada AS: Palestina Menanti Solusi Politik Yang Adil

Figure
Organization