Home / Berita / Internasional / Asia / Pentagon Benarkan Adanya Uji Coba Rudal Korut

Pentagon Benarkan Adanya Uji Coba Rudal Korut

Kuat dugaan proyektil yang diluncurkan Korut adalah rudal balistik. (arabic.sputniknews.com)

dakwatuna.com – Washington. Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) mempertegas adanya uji coba rudal oleh Korea Utara (Korut) pada Ahad (14/05/2017) dini hari waktu setepat. Namun, Pentagon masih melakukan penyelidikan terkait jenis rudal yang berhasil diluncurkan itu.

Pentagon dalam keterangannya menambahkan, rudal itu diluncurkan di wilayah dekat Kaesong, dan jatuh di laut Jepang. Melihat jarak tempuhnya, dapat disimpulka bahwa itu bukan rudal balistik antarbenua.

Sementara itu, pemerintah Jepang menegaskan, AS dan kedua sekutunya, Korsela dan Jepang, berupaya untuk menjamin kemanan. Rudal yang diluncurkan Korut, tambah Jepang, bukan merupakan sebuah ancaman.

Mengomentari uji coba rudal tersebut, pihak Gedung Putih mengatakan, “Presiden Trump tidak membayangkan bahwa Rusia senang dengan peluncuran tersebut.” Karena posisi jatuhnya rudal lebih dekat ke Rusia daripada ke Jepang, tambah sumber di Gedung Putih.

Lebih lanjut, Gedung Putih menilai, peluncuran rudal kali ini merupakan seruan kepada dunia internasional untuk memberlakukan sanksi yang lebih berat kepada Korut.

Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang, saat dimintai keterangan mengatakan, Menteri Luar Negeri Jepang dan Korsel telah berkoordinasi melalui telepon untuk membahas uji coba Korut tersebut.

Sedangkan Presiden Korsel, Moon Jae-in mengatakan, uji coba rudal Korut merupakan sebuah provokasi yang sembrono. Selain itu, Korea juga telah mengancam stabilitas keamanan di Semenanjung Korea, tambah presiden yang baru terpilih itu. (whc/aljazeera/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Pembunuhan Khashoggi, Trump: Tindakan Saudi Tidak Dapat Diterima