Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Turki Tampung 3 Juta Pengungsi Suriah, Merkel: Eropa Harus Dukung Turki

Turki Tampung 3 Juta Pengungsi Suriah, Merkel: Eropa Harus Dukung Turki

Kanselir Jerman, Angela Merkel. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Malta. Kanselir Jerman, Angela Merkel mengatakan, Turki telah berbuat banyak terhadap para pengungsi Suriah yang jumlahnya mencapai tiga juta orang. Pernyataan ini diungkapkan Merkel dalam pertemuan yang digelar di Malta oleh Partai Rakyat Eropa (EPP).

“Turki telah berbuat banyak untuk tiga juta pengungsi. Maka sangat dibenarkan bagi Negara-negara Eropa untuk mendukung Turki dalam masalah ini,” ungkap Merkel sebagaimana dilansir dari trt.net.tr pada Jumat (31/03/2017).

Lebih lanjut, dalam permasalahan Suriah, Merkel menegaskan, tanggung jawab kemanusiaan juga dibebankan kepada Eropa. Katanya, “Apakah kita akan katakan bahwa kita tidak memikul tanggung jawab kemanusiaan? Apakah kita katakan bahwa tanggung jawab kemanusiaan itu hanya dibebankan kepada Turki, Yordania, dan Lebanon saja? Faktanya, kita telah masa bodoh terhadap pembiayaan kamp-kamp pengungsian itu, dan kita belum melakukan hal yang bisa dibilang cukup.”

Lebih dari itu, menurut Merkel, permasalah yang terjadi akan menimbulkan darurat krisis kemanusia. Sedangkan fakta bahwa Jerman telah menerima sejumlah pengungsi, tambah Merkel, merupakan murni karena faktor kemanusiaan.

Dalam pertemuan tersebut, Merkel juga menyebut Uni Eropa telah melakukan beberapa kesalahan dengan tidak memikirkan perbatasan terluarnya dan juga terhadap tetangganya. Partai Rakyat Eropa, atau EPP sendiri merupakan partai terbesar di dalam parlemen Eropa. (whc/trt.net.tr/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Erdogan Tantang Uni Eropa Hentikan Proses Keanggotaan Turki

Figure
Organization