Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Menlu AS: Amerika Serikat Sekutu Terpercaya Bagi Turki

Menlu AS: Amerika Serikat Sekutu Terpercaya Bagi Turki

Menlu Turki, Mevlut Covusoglu, bersama Menlu AS, Rex Tillerson. (aa.com.tr/ar)

dakwatuna.com – Ankara. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson mengatakan, Negara Amerika Serikat merupakan sekutu yang dapat diandalkan oleh Turki. Tillerson juga menyebut, pemerintahan Presiden Donald Trump akan melanjutkan penguatan persahabatan kedua negara yang telah terjalin lama.

Hal itu disampaikan Tillerson dalam konferensi pers yang digelar bersama dengan Menlu Turki, Mevlut Covusoglu, pada Kamis (30/03/2017). Kedua menteri tersebut dikabarkan melakukan pertemuan di Gedung Kemenlu Turki, di Ankara.

Tillerson juga menambahkan, negaranya ingin memberantas ISIS dan mencegah munculnya organisasi teroris baru. Perwujudan stabilitas di Kawasan dan penguatan hubungan dengan Turki, menurut Tillerson, juga jadi fokus negaranya saat ini.

Selain itu, Tillerson juga mengungkapkan peran yang dilakukan Turki baik di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), maupun di Koalisi Internasional melawan ISIS.

Tillerson menyebut, terjadi penambahan sebanyak 25% terhadap aktivitas udara AS melawan  ISIS yang diluncurkan dari pangkalan militer Turki. Negaranya, tambah Tillerson, menyampaikan penghargaan terhadap upaya yang dilakukan Turki untuk melawan ISIS.

Menjawab pertanyaan salah seorang wartawan terkait tindakan pemerintahnya menghadapi ketakutan Turki terhadap organisasi “YPK”, sayap PKK di Suriah, Tillerson mengatakan, “Berbagai pertemuan antar pejabat dari kedua negara akan terus digelar untuk membahas hal tersebut.”

Terkait klaim ISIS yang menyebut wilayah Raqqah sebagai ibukotanya, Tillerson menegaskan, Amerika Serikat ingin menyerahkan masa depan kota itu kepada penduduk aslinya.

Selain bertemu dengan Menlu Turki, Rex Tillerson dalam kunjungannya juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dan PM Turki, Binali Yildirim. (whc/aa.com.tr/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

[Video] Menlu Turki Kejutkan Warga Sudan

Figure
Organization