Topic
Home / Berita / Nasional / Aksi 1212, Merawat Semangat Persaudaraan Pasca Aksi 212

Aksi 1212, Merawat Semangat Persaudaraan Pasca Aksi 212

Aksi 1212
Pasca Aksi Damain212, GNPF-MUI aka menggelar Safari Nasional dan Gerakan Shalat Subuh Berjamaah, Senin (12/12/2016). (harianterbit.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Semangat persaudaraan umat Islam yang ditunjukkan saat aksi damai 212 perlu terus dirawat dan dijaga. Sebagai bagian dari upaya untuk merawat semangat itu, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) berencana menggelar Safari Nasional dan Gerakan Shalat Subuh Berjamaah.

Ketua GNPF MUI Ustadz Bachtiar Nasir mengatakan, persaudaraan umat Islam adalah yang paling penting dan itu harus dirawat setelah Aksi Bela Islam III pada 2 Desember lalu. Untuk itu, GNPF MUI akan menyelenggarakan Safari Nasional di 34 provinsi, juga Gerakan Shalat Shubuh Berjamaah yang akan dimulai pada 12 Desember 2016 dan rencananya dipusatkan di Bandung, Jawa Barat.

Setelah Gerakan Shalat Subuh Berjamaah, menurut dia, umat Islam perlu melanjutkannya dengan membangun semangat bersedekah, semangat ekonomi, dan media.

“Kelanjutan gerakan ini sedang dimatangkan dan insya Allah pada 12 Desember akan ada kabar lanjutannya,” jelas Ustadz Bachtiar Nasir sebagaimana dilansir republika.co.id

Masyarakat Muslim se-Bandung Raya akan menggelar Aksi 1212, Senin 12 Desember 2016, berupa Shalat Subuh berjamaah dan apel Pesantren Perekat NKRI.

Dikutip dari bandungaktual.com, dalam surat edaran yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung disebutkan, aksi damai ini akan dimulai dengan Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Raya Provinsi Jabar, Alun-Alun Kota Bandung.

Usai shalat Subuh, massa berjalan kaki menuju Lapangan Gasibu/Pusdai Jabar untuk menggelar Apel Pesantren Perekat NKRI.
Shalat Shubuh berjamaah digagas Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq. Apel Pesantren Perekat NKRI di Gasibu atau Pusdai Jabar digagas pemimpin Daarut Tauhiid Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).

Dalam surat edaran MUI Kota Bandung yang ditandatangani Ketua Umum KH Miftah Faridl yang disebarkan ke MUI-MUI kecamatan, MUI Kota Bandung mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat Bandung untuk ikut berpartisipasi mensyiarkan kegiatan Aksi 1212 ini.
Panitia mengharapkan, Aksi 1212 ini dihadiri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, serta sejumlah tokoh dan ulama yang hadir dalam Aksi 212 di Jakarta.

Selain Bandung, Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon gelar salat subuh berjamah serentak di seluruh Indonesia, 12 Desember 2016 (1212). Hal itu disampaikan Ketua DKM Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon, Ahmad Yani, Jumat (8/11/2016).

Dia mengatakan, kegiatan itu mulai dilaksanakan pukul 03.00 WIB. Karena sebelum dilakukan salat Subuh berjamah akan dilakukan zikir dan munajat yang dipandu Habib Miqdad bin Qosim Baharun, pimpinan Majelis Dzikir Al-Kisa.

Setelah itu, akan diisi taushiyah usai melaksanakan salat Subuh berjamaah. Kemudian di akhir acara para jemaah salat Subuh akan diajak sarapan bersama dengan menu makanan seadaanya.

“Dengan salat berjamaah di masjid akan menimbulkan banyak manfaat, khususnya hubungan sosial kemasyarakatan. Tentu saja pahala juga berlipat ganda. Namun hubungan persaudaraan sesama Muslim, apalagi dengan tetangga akan lebih mesra, sehingga bisa menghindarkan konflik di masyarakat,” tutur Yani, dikutip dari radarcirebon.com (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization