Topic
Home / Berita / Nasional / Maju ke Final Bulutangkis Olimpiade, Tontowi/Liliyana jadi Satu-satunya Wakil Indonesia

Maju ke Final Bulutangkis Olimpiade, Tontowi/Liliyana jadi Satu-satunya Wakil Indonesia

Tontowi/Liliyana maju kepartai Final Bulutangkis Olimpiade 2016 Brasil setelah mengalahkan pasangan Cina Zhang Nan/Zhao Yunlei. (sindonews.com)
Tontowi/Liliyana maju kepartai Final Bulutangkis Olimpiade 2016 Brasil setelah mengalahkan pasangan Cina Zhang Nan/Zhao Yunlei. (sindonews.com)

dakwatuna.com – Rio de Janeiro.  Tontowi/Liliyana jadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa usai mengalahkan rival beratnya dari China, Zhang Nan/Zhao Yunlei dalam parta semi final bulutangkis olimpiade 2016 Brasil.

Tampil luar biasa di Riocentro Pavilion 4, Rio de Janeiro, Brasil, Selasa (16/8) pagi WIB, mereka menghabisi unggulan teratas itu dengan skor 21-16 dan 21-15 dalam waktu 51 menit.

Dilansir detikcompertarungan dua ganda campuran terkuat dunia ini berlangsung ketat dengan diwarnai saling jual serangan. Di game pertama, Tontowi/Liliyana sempat unggul lima angka dalam kedudukan 10-5. Namun, Zhang/Zhao meraih enam poin secara beruntun untuk berbalik memimpin 11-10.

Tontowi/Liliyana baru bisa menyamakan skor dalam kedudukan 14-14 setelah serobotan Liliyana tak bisa dikembalikan Zhang. Mereka kemudian meraih dua poin berikutnya untuk unggul 16-14.

Tontowi/Liliyana terus menekan Zhang/Zhao dan berhasil memperlebar jarak menjadi 19-15. Mereka akhirnya berhasil merebut game pertama setelah smes keras Tontowi tak bisa dikembalikan dengan sempurna oleh Zhang.

Pada game kedua Tontowi/Liliyana langsung melesat 5-0. Meski Zhang/Zhao sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 4-6, Tontowi/Liliyana bisa menjauh lagi dan unggul 11-8 saat jeda interval.

Tontowi/Liliyana akhirnya bisa mengakhiri perlawanan Zhang/Zhao dan menutup game kedua dengan skor 21-15 setelah bola pengembalian Zhao keluar lapangan.

Republika.co.id memberitakan bahwa Tontowi/Liliyana menjadi wakil Indonesia satu-satunya. Pasalnya pemain tunggal putra Tommy Sugiarto kalah di babak kedua melawan pemain dari Inggris Raya, Rajiv Ouseph. Ganda putri andalan Indonesia, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari juga kalah dari pasangan Cina, Tang Yuanting/Yu Yang di babak perempat final.

Kemenangan pasangan Indonesia ini sekaligus menggagalkan skenario all chinese final, setelah sebelumnya pasangan Cina Xu Chen/Ma Jin juga menderita kekalahan terhadap pasangan non-unggulan dari Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan 12-21 dan 19-21.

Babak final di sektor ganda campuran yang mempertemukan Tontowi/Liliyana melawan Chan/Goh akan dilangsungkan pada Rabu (17/8) mendatang yang bertepatan dengan Ulang Tahun Republik Indonesia ke-71 tahun. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Demonstran Minta Trump Merdekakan Hong Kong dari Cina

Figure
Organization