Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Peringati Hari Bumi, Warga Palestina 48 Gelar Mogok Massal

Peringati Hari Bumi, Warga Palestina 48 Gelar Mogok Massal

Memperingati hari bumi Palestina. (eramuslim.com)
Memperingati hari bumi Palestina. (eramuslim.com)

dakwatuna.com – Palestina 48. Tanggal 30 Maret bertepatan dengan hari bumi Palestina. Masyarakat Palestina yang bekerja di wilayah pendudukan Israel memperingati hari ini dengan melakukan aksi mogok massal. Sebagian mereka yang berada di Palestina 48 itu juga memilih melakukan aksi longmarch untuk memperingati hari bumi yang ke-40 ini.

Dilansir laman safa.ps, Rabu (30/3/2015) hakekat hari bumi adalah mengingatkan kezaliman yang dilakukan penjajah Israel dengan merampas 21.000 hektar tanah milik Palestina. Wilayah itu kini menjadi bagian dari pendudukan Israel (baca: Palestina 48). Zionis Israel mecaplok tanah Palestina dengan tujuan mendirikan permukiman ilegal Yahudi dan melancarkan proyek Yahudisasi.

Mengetahui hal itu, masyarakat Palestina kemudian bersatu untuk melakukan perlawanan, hingga meletuslah bentrokan berdarah di hari Sabtu, 30 Maret 1976. Peristiwa itu telah menyebabkan syahidnya 6 orang warga Palestina, terlukanya puluhan orang dan ditawannya 300 orang oleh pihak Israel. (msy/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization