Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Keberkahan Hidup

Keberkahan Hidup

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Hidupdakwatuna.com – Untaian doa yang selalu dilantunkan seorang muslim kepada Allah adalah untaian pengharapan serta permintaan agar diberikan keberkahan, baik itu keberkahan hidup, keberkahan ilmu, keberkahan harta bahkan keberkahan pernikahan. Salah satu sunnah yang diajarkan nabi kepada kita, agar selalu mendoakan pasangan yang baru menikah untuk mendapatkan keberkahan.

Semua ungkapan di atas menunjukkan kepada kita bahwa keberkahan adalah perkara yang paling penting dalam kehidupan seorang muslim, tanpa keberkahan, manusia tidak akan pernah puas dengan karunia yang Allah berikan.

Manusia membutuhkan keberkahan harta karena harta yang tidak berkah akan menjauhkan pemiliknya dari Allah serta menjadikan pemiliknya tidak pernah puas dengan harta tersebut, hal ini, bisa kita lihat dalam kehidupan qorun yang Allah tenggelam bersama hartanya ke dalam perut bumi. Harta yang banyak tidak menjadikan pemiliknya untuk dekat dengan Allah. Berbanding terbalik dengan harta yang berkah, harta tersebut akan selalu menjadi wasilah sang pemilik untuk selalu dekat dengan Allah.

Manusia membutuhkan keberkahan ilmu karena ilmu yang berkah akan bertahan dalam ingatan dan bermanfaat bagi orang lain. Manusia berilmu, sangat banyak jumlahnya, akan tetapi, apakah ilmu itu berkah atau tidak. Ilmu yang tidak berkah akan menjadi wasilah kepada keburukan, sedangkan ilmu yang berkah akan menjadi wasilah yang akan mengantarkan pemiliknya memasuki surga yang Allah siapkan bagi orang-orang yang bertakwa. Keberkahan ilmu adalah sesuatu yang mesti didapati seorang penuntut ilmu.

Manusia membutuhkan keberkahan pasangan, keberkahan pasangan tergambar dalam ikatan suci nabi Muhammad dan Khadijah, nabi Yusuf dan Zulaikha, keberkahan pasangan yang mengantarkan mereka kepada kebahagiaan yang abadi. Karena dengan keberkahan itu, keduanya saling membantu dalam menggapai ridho Allah. Berbanding terbalik dengan pasangan yang tidak berkah, seperti yang tergambar dalam kehidupan Abu lahab dan istrinya, kisah mereka berdua Allah abadikan di dalam Alquran :

Ketidakberkahan pasangan juga akan abadi, akan tetapi keabadiannya tidak dalam kebahagiaan melainkan kesengsaraan yang abadi dalam azab dan murka Allah, oleh karena itu yang paling diharapkan seorang muslim dalam hidup ini adalah keberkahan, baik keberkaha hidup, pasangan, ilmu dan lain sebagainya. Mudah-mudahan setiap muslim Allah berikan keberkahan yang akan mengantarkan mereka ke dalam kebahagiaan yang abadi. (dakwatuna.com/hdn)

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumni Ma'had Ali An-Nuaimy Jakarta angkatan ke3. Guru bahasa Arab di Pondok Pesanteren Khalid bin Walid Rokan Hulu Riau.

Lihat Juga

Meraih Kesuksesan Dengan Kejujuran (Refleksi Nilai Kehidupan)

Figure
Organization