Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Rusia Resmikan Bank Pertama Sesuai Syariah

Rusia Resmikan Bank Pertama Sesuai Syariah

Masjid Jami' Moskow (aa.com.tr)
Masjid Jami’ Moskow (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Rusia. Rusia dikabarkan akan meresmikan bank syariah pertama dalam sejarah negara itu pada Maret 2016 di Qazan (ibu kota Tatarstan, negara bagian Rusia).

Menurut salah satu pendirinya, bank baru itu akan beroperasi sesuai UU baru yang mengizinkan sistem perbankan Rusia melakukan transaksi sesuai dengan prinsip-prinsip keuangan Islam.

Salah satu alasan pendirian bank baru sebagaimana dimaksud adalah untuk meningkatkan investasi negara-negara Islam (Timur Tengah) di Rusia. Bank tersebut juga dikabarkan akan menandatangani kesepakatan dengan IDB (Bank Pembangunan Islam) yang berbasis di Arab Saudi.

Pendirian bank itu dilatarbelakangi oleh UU baru diloloskan Parlemen Rusia yang membolehkan sistem perbankan di negara komunis itu melakukan transaksi dengan lembaga-lembaga keuangan Islam, yang menuntut adanya kepatuhan terhadap syariah.

Dalam hal ini, penganut Islam di Rusia menempati urutan setelah penganut Kristen Ortodoks, dengan jumlah sekitar 7-10% penduduk Rusia, sebagian besar menempati wilayah Tatarstan dan daerah-daerah Kaukas. (rem/dakwatuna)

Sumber: Islam Memo

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization