Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Tiga Politisi Senior PAS Menentang Wacana Koalisi dengan UMNO

Tiga Politisi Senior PAS Menentang Wacana Koalisi dengan UMNO

PM Najib dan Presiden PAS (themalaysianinsider.com)
PM Najib dan Presiden PAS (themalaysianinsider.com)

dakwatuna.com – Malaysia. Seorang demi seorang pemimpin senior PAS (Parti Islam Se-Malaysia/Malaysian Islamic Party) menentang usaha membawa partai mereka mendekati partai berkuasa, UMNO (United Malays National Organization), seperti yang dilakukan Presiden, Datuk Seri Abdul Hadi Awang.

Meskipun menggunakan berbagai istilah seperti kerja sama dan koalisi, namun setidaknya tiga pemimpin senior PAS sudah mulai terlihat menentang arus yang mencoba partai Islam Malaysia itu “bermesraan” dengan rezim berkuasa.

Penolakan kerja sama ini dimulai dengan Wakil Presiden PAS, Datuk Tuan Ibrahim Tuan Man, yang selalu bersikeras bahwa tidak akan ada koalisi antara PAS dengan UMNO. Pernyataan Tuan Ibrahim didukung Wakil Presiden PAS, Datuk Iskandar Samad.

Terbaru, seorang lagi Wakil Presiden PAS lainnya, Idris Ahmad, juga bangkit dengan pernyataan paling panas yaitu menuntut setiap pemimpin atau anggota PAS keluar partai itu jika ingin berkoalisi dengan UMNO.

“Pandangan pribadi tidak bisa dipakai. Jika ada individu yang ingin bergabung dengan UMNO, maka individu itu saja yang pergi,” kata anggota Parlemen Malaysia untuk dapil Bukit Gantang itu dalam pernyataan baru-baru ini.

Pernyataan Idris sejalan dengan pernyataan mantan Mursyidul Am PAS, Datuk Nik Abdul Aziz Nik Mat, semasa hidupnya yang menentang keras usaha bekerja sama dengan UMNO.

“Umno harus ganti ideologinya sebagai partai nasionalis, dan terima Islam dulu. Sudah lama saya menyampaikan hal ini. Jika kamu hendak berkoalisi, buang nasional ambil asas Islam,” kata Nik Aziz sebagaimana dilaporkan koran milik UMNO, Utusan Online, pada 8 Mei 2013 silam.

“PAS tidak akan bergabung dengan UMNO. Bahkan kini, PAS sedang menyusun strategi mempertahankan Kerajaan Kelantan, menguasai pemerintah Terengganu, dan memenangkan 10 kursi Parlemen yang dimenangkan Umno di Selangor sebelumnya,” kata Tuan Ibrahim membantah laporan sejumlah media bahwa dirinya menyetujui wacana koalisi PAS dengan Umno. (rem/dakwatuna)

Sumber: The Malaysian Insider

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization