Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Kelompok Oposisi Setuju Perundingan Bersyarat dengan Al-Asad

Kelompok Oposisi Setuju Perundingan Bersyarat dengan Al-Asad

Khalid Khaujah, Ketua Koalisi Oposisi Suriah (aljazeera.net)
Khalid Khaujah, Ketua Koalisi Oposisi Suriah (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Arab Saudi. Kelompok-kelompok oposisi rezim Al-Asad yang menggelar pertemuan di Riyadh atas mediasi Arab Saudi mengumumkan persetujuan untuk berunding dengan Al-Asad sesuai rekomendasi Pertemuan Jenewa, tetapi dengan syarat.

Sebagaimana dikuti Islam Memo (9/12/2015), kelompok-kelompok oposisi menyaratkan Al-Asad tidak masuk dalam pemerintahan transisi, ataupun pemerintahan baru nanti yang terbentuk setelah penyelenggaraan pemilu. Hasil-hasil kesepakatan yang tercapai dalam Pertemuan Riyadh dijadwalkan akan diumumkan pada hari Kamis ini (10/12/2015).

Pertemuan diselenggarakan selama dua hari, Rabu dan Kamis (9-10/12/2015), sebagai upaya untuk menyatukan visi dan misi perjuangan, sebelum pertemuan PBB di New York khusus membahas Suriah pada 18 Desember 2015 ini.

Menurut salah satu peserta, pada sesi pagi Rabu kemarin, pertemuan membahas beberapa isu yang disepakati dalam Pertemuan Wina sebulan yang lalu, antara lain kesepakatan periode transisi kekuasaan selama enam bulan, dan pembentukan pemerintahan baru setelah 18 bulan.

Pada akhir pertemuan Rabu kemarin, dilaksanakan voting yang menguatkan opsi perundingan dengan pihak Al-Asad yang direncanakan dimulai pada Januari 2016, dengan syarat persetujuan dari Al-Asad untuk tidak diikutkan dalam pemerintahan transisi dan pemerintahan baru nanti.

Mengenai Pertemuan Riyadh ini, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dalam rilisnya menyebutkan bahwa keputusan mengundang seluruh kelompok oposisi setelah berkonsultasi dengan berbagai-bagai pihak internasional dan ikut terlibat dalam penyelesaian krisis Suriah saat ini, termasuk Utusan Khusus PBB, Staffan de Mistura. (rem/dakwatuna)

Sumber: Islam Memo

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization