Topic
Home / Berita / Daerah / Pemprov Jabar Minta Satu Warga Tanam Satu Pohon

Pemprov Jabar Minta Satu Warga Tanam Satu Pohon

Wagub Jabar H Deddy Mizwar dinobatkan sebagai 'Bapak Yatim Indonesia'.  (jabarprov.go.id)
Wagub Jabar H Deddy Mizwar dinobatkan sebagai ‘Bapak Yatim Indonesia’. (jabarprov.go.id)

dakwatuna.com -Garut. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meminta kepada masyarakat untuk melakukan gerakan menamam dan memelihara satu pohon bagi setiap orang. Hal ini demi terwujudnya Jawa Barat yang lestari dan hijau serta mengembalikan Jawa Barat sebagai bumi parahyangan, yaitu wilayah yang memiliki keindahan dan kemolekan alam tatar sunda yang subur dan makmur.

“Mari tanam satu pohon untuk setiap orang dan pelihara agar tanah Jawa Barat ini kembali menjadi bumi parahyangan,” ajak Deddy pada Aksi Menanam Pohon dan peringatan Bulan Menanam Pohon tingkat Jawa Barat yang dipusatkan di Kecamatan Sukamentri Kabupaten Garut, dalam siaran persnya kepada dakwatuna.com, Kamis (26/11).

“Kepada masyarakat khususnya yang berada di sekitar hutan juga bersama-sama menjaga lingkungan dengan cara tidak melakukan penebangan hutan secara liar,” imbaunya.

Wagub juga meminta masyarakat di perkotaan untuk turut berkontribusi mengurangi efek rumah kaca dengan menghemat penggunaan listrik, bahan bakar minyak, reuse barang bekas seperti kertas dan plastik. “Kembangkan juga fungsi hutan dan komoditi lain yang mempunyai fungsi lindung dan memberikan manfaat ekonomi,” tambah Wagub.

Ini sejalan dengan tujuan Provinsi Jawa Barat menjadi Green Province dan menyukseskan gerakan penanaman satu milyar pohon secara nasional, Pemprov Jabar hingga bulan November tahun 2015 ini, telah menanam sebanyak 15 Juta pohon. Di tahun 2014, juga telah terealisasi penanaman pohon sebanyak 132 Juta lebih batang pohon, dan tahun 2013 sebanyak 114 Juta pohon serta 249 Juta pohon di tahun 2012.

Wagub pun mengharapkan kepada Bupati dan Walikota Se-Jawa Barat untuk terus membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayahnya masing-masing agar minimal mencapai 30%. “Pemda harus berkomitmen melindungi lahan hijau dari alih fungsi lahan dan aktivitas penambangan dengan menertibkan perizinan dan penegakan hukum yang tegas,” ujar Wagub.

Dalam kesempatan ini Wagub juga memberikan penghargaan kepada Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kota Sukabumi atas kinerja Bupati dan Walikota dalam pelaksanaan penanaman satu milyar pohon di tahun 2015.

“Ayo kerja, tanam dan pelihara pohon untuk hidup yang lebih baik, karena satu pohon yang kita tanam dan pelihara akan menjadi investasi berharga untuk generasi mendatang,” tutup Wagub. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization