Home / Berita / Internasional / Asia / Hasil Resmi Pemilu Turki Ditetapkan, AKP Terdepan dengan Raihan 317 Kursi

Hasil Resmi Pemilu Turki Ditetapkan, AKP Terdepan dengan Raihan 317 Kursi

Sadi Güven. (anadolu)
Sadi Güven. (anadolu)

dakwatuna.com – Ankara. Ketua komisi penyelenggara pemilu di Turki, Sadi Güven, Kamis (12/11/2015) hari ini, telah mengumumkan hasil resmi pemilu legislatif dini yang dilakukan pada tanggal 1 November yang lalu.

Güven menyatakan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) mendapatkan 317 kursi, Partai Rakyat Republik (CHP) meraih 134 kursi, Partai Rakyat Demokratik (HDP) mendapatkan 59 kursi, dan terakhir Partai Gerakan Nasional (MHP) mendapatan 40 kursi.

Dalam konferensi persnya, Güven juga menjelaskan bahwa partisipasi rakyat dalam pemilu kali ini mencapau 84.40% di dalam negeri, dan 40.01% di luar negeri.

Menurutnya, waktu pengajuan keberatan atas hasil pemilu telah habis. Pengumuman hasil hari ini telah ditetapkan sesuai dengan keberatan-keberatan tersebut.

Sesuai dengan konstitusi, majelis umum dewan legislatif akan mengadakan sidang untuk mengambil sumpah seluruh anggota legislatif yang berhasil lolos ke parlemen. Sidang itu dilaksanakan lima hari setelah pengumuman hasil pemilu resmi, tanggal 17 November mendatang. (msa/dakwatuna)

Sumber: Anadolu

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Membaca Arah Hubungan Rusia dan Israel