Topic
Home / Berita / Agenda Umat / Semarak Muharram Tahun Baru 1437 H Universitas Sebelas Maret

Semarak Muharram Tahun Baru 1437 H Universitas Sebelas Maret

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
semarak-muharram
(Klik untuk memperbesar)

 

dakwatuna.com – Muharram adalah bulan yang mulia. Pada bulan Muharram terjadi banyak peristiwa penting dan bersejarah bagi kebangkitan Islam di berbagai dunia. Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim sering kali lupa bahwa Islam memiliki tahun baru. Banyak muslim yang melewatkannya begitu saja. Padahal tahun baru Islam bias menjadi momen untuk sarana perbaikan diri, masyarakat, dan bangsa. Universitas Sebelas Maret sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia diharapkan dapat memberikan pengaruh bagi perkembangan Islam di Indonesia.

Bertepatan dengan Bulan Muharram 1437 Hijriyah yang merupakan tahun baru kalender Islam, Masjid Nurul Huda UNS sebagai pusat kegiatan keislaman di UNS khususnya dan masyarakat pada umumnya akan mengadakan serangkaian acara dengan nama  Semarak Muharram, Tahun Baru 1437 H Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Berbagai kegiatan telah disiapkan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk meramaikan Tahun Baru Muharram 1437 Hijriyah. Serangkaian kegiatan tersebut di antaranya,

  1. Grand Opening Sekolah Pra Nikah #5
    Merupakan acara pembuka semarak Muharram 1437 H UNS. Grand opening SPN 5 dibersamai oleh bunda Ayu @momalula (founder ukhty Sally) dan Ustadzah Rabi’ah Al Adawiyah, S.H (Ketua KPPA Benih Solo). Acara ini diselenggarakan Sabtu, 3 Oktober 2015 pukul 08.00-12.00 di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda.
  1. Lomba TPQ Se Soloraya
    Lomba TPQ dengan mengundang anak TPQ Se Soloraya dan Dongeng Santri bersama Kak Bimo. Acara ini diselenggarakan pada Ahad, 11 Oktober 2015 pukul 07.00-12.00 di Masjid Nurul Huda UNS.
  1. Tabligh Akbar Dakwah Nusantara
    Tabligh Akbar di malam 1 Muharram 1437 menghadirkan ustadz Dr. Tiar Anwar Bakhtiar (Sejarawan INSISTS) dan Rahmat Abdullah (Penulis Trilogi Sejarah Islam Tanah Jawa). Diselenggarakan hari Rabu, 14 Oktober 2015 pukul 20.00 di Masjid Nurul Huda UNS.
  1. Grand Launching Gerakan Shalat Subuh Berjamaah
    Grand Launching shalat subuh berjamaah dilaksanakan serentak di 14 kampus se-Indonesia. Masjid Nurul Huda Universitas Sebelas Maret menjadi pusatnya.
  1. Turnamen Futsal Nurul Huda Cup 2015
    Dilaksanakan Rabu, 14 Oktober 2015 dengan mengundang tim lembaga dakwah kampus UNS
  1. Seminar Kepemudaan
    Seminar Kepemudaan Adhyaksa Dault (menteri pemuda dan olahraga 2004-2009) dan M.Ikhlas Tamrin (Pengusaha Muda/mantan Presiden BEM UNS). Bertempat di Masjid Nurul Huda UNS pada hari Sabtu, 24 Oktober 2015 pukul 08.00.
  1. Bincang-Bincang Muslimah (BBM)
    Acara talkshow muslimah bersama Ria Ricis (Selebgram) dan Azhar Nurun Ala (penulis muda). Acara khusus muslimah ini dilaksanakan Sabtu, 24 Oktober 2015 pukul 08.00 di Aula Gedung Pascasarjana UNS.
  1. Nikah Massal
    Akad Baru dan Sidang Isbat pasangan dhuafa. Dilaksanakan di Gedung Balai kota Surakarta tanggal 27 Oktober 2015.
  1. Camping Qur’an
    Menghafal Al Qur’an bersama selama tiga hari. Dilaksanakan 29-31 Oktober 2015 pukul 18.00 di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda UNS.
  1. Silaturahim Guru TPQ Se Soloraya
    Silaturahim akbar mengundang 2000 gur TPQ bersama Ustadz Syuhada Bahri dan Ustadz Budi Azhari pada 1 November 2015 di Masjid Nurul Huda UNS

Kegiatan Semarak Muharram 1437 Hijriyah Universitas Sebelas Maret merupakan kerja sama antara berbagai pihak di antaranya Takmir Masjid Nurul Huda, Lazis UNS, JN UKMI, SKI FKIP, BPPI FEB, UKM IQ, Puskomnas FSLDK Indonesia, dan JRQ Haramain. (dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

Rumah Zakat Gelar Indonesia Mewarnai ke-2 di Pulau Kelapa

Figure
Organization