Home / Berita / Internasional / Asia / PBB: Jumlah Rakyat Irak yang Butuh Bantuan Kemanusiaan Lebih dari 10 Juta

PBB: Jumlah Rakyat Irak yang Butuh Bantuan Kemanusiaan Lebih dari 10 Juta

Rakyat Irak yang menderita akibat perang (Reuters)
Rakyat Irak yang menderita akibat perang (Reuters)

dakwatuna.com – Irak. Wakil Koordinator Urusan Kemanusiaan PBB, Dominik Bartsch, mewanti-wanti bahwa jumlah rakyat Irak yang memerlukan bantuan kemanusiaan hingga akhir 2015 ini mencapai angka 10 juta orang akibat perang saudara yang terus berlangsung.

Menurutnya, angka tersebut setara seperempat jumlah penduduk Irak, dan 3,2 juta di antaranya saat ini telah mengungsi ke tempat yang dinilai lebih aman akibat konflik bersenjata antara pemerintah dan jaringan teroris ISIS.

Menurut Bartsch, situasi kemanusiaan di Irak terus memburuk akibat kurangnya bantuan finansial dan penutupan 77 pusat bantuan medis selama tiga bulan terakhir, selain pengurangan jumlah bantuan makanan dan minuman.

Bartsch juga mengkhawatirkan meluasnya wabah penyakit kolera di kalangan rakyat Irak, setelah penyakit itu mewabah di Baghdad, Babel, dan Najef.

Disebutkan bahwa puluhan ribu rakyat Irak juga terpaksa meninggalkan rumah mereka dan hijrah menuju daratan Eropa, di mana diperkirakan saat ini jumlah pengungsi Irak sebanyak 3% dari jumlah pengungsi asing di Eropa.

Jumlah pengungsi terbanyak adalah dari Suriah sebanyak 54%, selanjutnya Afghanistan 13%, Eritrea 7%, Nigeria 3%, dan Pakistan juga sebanyak 3%. (rem/dakwatuna)

Sumber: RT Arabic

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Preteks Pada Viralitas Video UAS

Organization