Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Kronologi Meninggalnya Alan, Pengungsi Balita yang Terdampar di Pantai

Kronologi Meninggalnya Alan, Pengungsi Balita yang Terdampar di Pantai

Abdullah Al-Kurdi. (matchbin-assets.s3.amazonaws.com)
Abdullah Al-Kurdi. (matchbin-assets.s3.amazonaws.com)

Keluarga kecil ini, menurut penuturan Al-Kurdi, datang ke Turki. Agar tidak hidup mengandalkan bantuan, Al-Kurdi bekerja sebagai kuli bangunan. Tapi upah yang didapatkannya tidak cukup memenuhi kebutuhan keluarga, hingga untuk sewa rumah masih dibantu saudara. Akhirnya, mereka memutuskan untuk mengungsi ke negara Eropa. Akhirnya dia pun bertemu dengan dua orang penyelundup pengungsi yang berasal dari Turki dan Suriah. Mereka meminta biaya sebesar 4 ribu EUR (IDR 63 juta).

Al-Kurdi melanjutkan ceritanya, “Kami ada 12 orang, berada di sebuah sampan berukuran 5 meter. Tak lama setelah meninggalkan daratan menuju Yunani, ombak besar datang menerjang kami. Si penyelundup pun loncat melarikan diri. Sekitar satu jam aku memegani dua orang anak dan isteriku. Kami berpegangan sampan yang sudah terbalik. Saat ombak besar menerjang lagi, anak pertamaku meninggal dunia. aku lepaskan dia terbawa arus agar aku bisa menyelamatkan anak kedua. Namun tak lama kemudian, buih keluar dari mulut anak kedua, dia pun meninggal dunia. Aku juga lepaskan dia agar bisa menolong ibu mereka. Tapi ternyata isteriku juga sudah meninggal. Tinggallah aku sendirian selama tiga jam sebelum datang tim penyelamat dari Turki.”

Al-Kurdi mengakhiri ceritanya dengan sebuah seruan kepada masyarakat dunia, “Lihatlah bagaimana menderitanya rakyat Suriah. Berilah mereka bantuan. Termasuk jutaan pengungsi yang ditampung di Turki. Semoga anak kecilku, Alan, menjadi simbol yang akan mengeluarkan rakyat Suriah dari penderitaan mereka.” (msa/dakwatuna).

Sumber: Rassd

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization