Topic
Home / Pemuda / Pengetahuan / Tulisan Tangan ini Dibuat oleh Komputer

Tulisan Tangan ini Dibuat oleh Komputer

"Tulisan tangan" yang dihasilkan oleh komputer. (cs.toronto.edu/~graves/handwriting.cgi)
“Tulisan tangan” yang dihasilkan oleh komputer. (cs.toronto.edu/~graves/handwriting.cgi)

dakwatuna.com – Barangkali ada yang merasakan tulisan tangannya semakin hari semakin buruk sejak adanya komputer? Hal tersebut kemungkinan akibat lebih sering menggunakan komputer untuk menulis dokumen ketimbang menggunakan tulisan tangan.

Lalu bagaimana jika kini komputer yang melakukan “tulisan tangan”, mungkinkah? Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya “Recurrent Neural Network” (RNN). RNN adalah salah satu bagian yang menjadi bahasan pada teori Jaringan Saraf Tiruan (Artificial Neural Network), yang sering digunakan pada teori Machine Learning pada bidang ilmu komputer.

Sengaja redaksi beri tanda kutip pada “tulisan tangan”, karena komputer secara fisik tidak punya “tangan”, tapi yang dihasilkannya adalah “tulisan tangan”. Pada sebuah Paper berjudul “Generating Sequences With Recurrent Neural Networks“, didemonstrasikan penerapan metode tersebut untuk menghasilkan “tulisan tangan” oleh komputer. Paper tersebut ditulis oleh Alex Graves pada tahun 2013 dan telah mengalami pembaharuan beberapa kali.

Pada abstraksi papernya Alex menyebutkan bahwa sistem yang menerapkan temuannya tersebut dapat menghasilkan tulisan tangan yang sangat realistik dengan berbagai macam gaya.

Anda ingin mencobanya?

Silakan coba demonstrasinya di sini.

(dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Tangan Ribamu Mengikis Keadilan dan Kesejahteraan

Figure
Organization