Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Akhirnya Berhasil Masuk Parlemen, HDP: Kami Menang Besar

Akhirnya Berhasil Masuk Parlemen, HDP: Kami Menang Besar

Kampanye HDP. (Turkey Post)
Kampanye HDP. (Turkey Post)

dakwatuna.com – Ankara. Partai Rakyat Demokratik (HDP) akhirnya bisa menembus batas ambang parlemen (10%) pada pemilu pertama yang dijalaninya.

Menanggapi keberhasilan ini, ketua HDP, Selahattin Demirtaş, mengatakan, “Kami orang-orang yang tertindas, miskin, pendukung keadilan, kedamaian, dan kebebasan, telah meraih kemenangan besar. Aku mengucapkan selamat kepada seluruh anggota partai dan seluruh rakyat Turki.”

Hasil penghitungan suara terakhir (99.94%) saat ini menunjukkan  AKP mendapat 40.81%  (258 kursi), CHP: 25.01 % (132 kursi), MHP: 16.33% (81 kursi), HDP: 13.06% (79 kursi), dan Partai lain: 4.79%.

HDP yang merupakan representasi kelompok bersenjata Partai Buruh Kurdistan (PKK) dan pertama kali mengikuti pesta demokrasi ini, mengejutkan banyak pihak karena perolehan yang cukup banyak. Keberhasilan partai ini, dipandang banyak pihak, dapat mengancam kekuasaan Erdogan dan AKP nya.

Partai ini akan turut meramaikan parlemen, setelah sebelumnya hanya mereka masuk parlemen dalam posisi sebagai independen. (msa/dakwatuna)

Sumber: Anadolu

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ketua Parlemen Turki: Dollar Satu-satunya Sekutu AS

Figure
Organization