Topic
Home / Narasi Islam / Sosial / Bangkit Bangsaku, Maju Indonesiaku

Bangkit Bangsaku, Maju Indonesiaku

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (Foto: lensaindonesia.com)
Ilustrasi. (Foto: lensaindonesia.com)

dakwatuna.com – Tahun 1908 merupakan tahun berdirinya organisasi yang bernama Budi Utomo. Lebih kurang 107 tahun yang lalu, bangsa ini sudah menyadari bahwa penting untuk meningkatkan kesatuan bangsa dalam berjuang menghadapi penjajahan. Selama ini pejuangan dilakukan dengan mengutamakan kekuatan daerah, sehingga perjuangan pribumi bisa ditumpas oleh Belanda dengan mudah. Untuk itu momentum berdirinya Budi Utomo ini menjadi tonggak dasar kebangkitan nasional bangsa Indonesia.

Kebangkitan nasional ini penting, tidak hanya dahulu ketika melawan penjajah, tetapi untuk saat ini kebangkitan nasional diperlukan untuk melawan korupsi. Indonesia menjadi salah satu Negara yang mempunyai tingkat korupsi tertinggi di dunia. Ini merupakan fakta yang tidak bisa dielakan dari bangsa ini. Korupsi sudah mengakar di negeri ini. Mulai dari pemerintah jabatan tinggi sampai jabatan rendah sekalipun pernah melakukan korupsi.

Upaya pemberantasan korupsi perlu dilakukan oleh semua elemen bangsa ini. Perlu adanya kebangkitan nasional dalam melawan korupsi. Di mana semua pihak sadar akan bahaya yang ditimbulkan oleh korupsi. Seluruh kompenen bangsa ini ikut berjuang dalam melawan pelaku korupsi. Baik itu dari tataran elit maupun masyarakat saling berangkul tangan dalam melawan korupsi. Sehingga upaya pemberantasan korupsi bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya di negeri ini. Namun, sekarang nampaknya belum terbentuk kebangkitan nasional dalam melawan korupsi. Terbukti masih ada pihak-pihak tertentu yang berupaya untuk melemahkan KPK. Berbagai agenda setting pun dibuat oleh oknum-oknum tertentu untuk menjatuhkan petinggi-petinggi KPK. Ini menjadi PR bagi kita semua, berupaya meningkatkan kebangkitan nasional untuk melawan korupsi.

Kabangkitan nasional juga diperlukan dalam upaya melawan penjajahan asing saat ini. Negara asing secara halus namun pasti berupaya untuk mengambil alih kekayaan bangsa Indonesia. Mereka berlomba-lomba melakukan invetasi di Indonesia, sehingga banyak usaha-usaha, industri pertanian, pertambangan yang dikuasai oleh asing. Padahal kekayaan alam ini adalah milik Indonesia. Indonesia mempunyai tanah subur yang menghasilkan pertanian dan perkebunan yang melimpah. Bumi yang penuh dengan bahan tambang dan emas. Namun, sebagian besar kebermanfaatan sumber daya alam Indonesia dikuasai oleh asing. Untuk itu perlu kesadaran kita bersama bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya, maka sudah sepatutnya kekayaan ini dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia sendiri.

Bangsa ini harus maju, maju melawan korupsi yang membelenggu, maju melawan penjajahan asing yang menguasai kekayaan alam ini, dan maju untuk memastikan Indonesia bisa memenuhi semua kebutuhan rakyatnya. Untuk mencapai itu semua maka menjadi agenda penting untuk berupaya meningkatkan kebangkitan nasional di bidang sumber daya manusia. Kualitas SDM akan menentukan maju tidaknya bangsa ini. Kalau bukan orang Indonesia sendiri yang berjuang untuk memajukan Indonesia, lalu siapa lagi yang akan bergerak mencapai itu semua? Untuk itu tugas kita semualah menjadikan kebangkitan nasional sebagai momen yang tepat untuk memajukan Indonesia di setiap bidang kehidupan. Sehingga terbentuknya Indonesia yang lebih baik dan bermartabat tidak hanya menjadi angan-angan kosong belaka.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Mahasiswi Ilmu Kesejahteraan Sosial UI angkatan 2012. Suka melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengabdian masyarakat. Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta, angkatan VII.

Lihat Juga

Tegas! Di Hadapan Anggota DK PBB, Menlu RI Desak Blokade Gaza Segera Dihentikan

Figure
Organization