Home / Berita / Internasional / Amerika / Pentagon: Dasar Hubungan AS dengan Mesir adalah Keamanan Israel

Pentagon: Dasar Hubungan AS dengan Mesir adalah Keamanan Israel

Jubir Pentagon, John Kirby (india.com)
Jubir Pentagon, John Kirby (india.com)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Jubir Departemen Pertahanan AS (Pentagon), John Kirby, menyatakan bahwa AS memantau serangan udara yang dilancarkan Mesir ke Libya tetapi pihaknya tidak mengambil sikap apapun saat ini (mendukung atau menentang).

Melalui rilis elektroniknya yang diterima berbagai media sebagaimana dikutip Islam Memo (19/2/2015), Kirby menyatakan bahwa Mesir tidak mengoordinasikan serangan itu ke pihak AS sehingga AS tidak ikut serta atau membantu serangan yang diklaim Mesir untuk membalas pemenggalan 21 warga Kristen Koptik oleh ISIS Libya itu.

Kirby mengakui adanya sekat dalam hubungan AS dan Mesir (saat ini), namun meskipun demikian AS tetap memandang Mesir sebagai sekutu strategis, terutama dalam kaitan (keamanan) Israel di kawasan.

Hubungan Mesir-AS sempat menegang pasca-kudeta terhadap Presiden Mursi oleh militer (namun banyak memandangnya hanya basa-basi AS) pada Juli 2013.

Ketegangan (palsu) itu kemudian mencair tidak berapa lama setelah itu, ditandai dengan hibah sepuluh heli Apache AS untuk Mesir pada Desember 2013. (islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Duduk Berdampingan dengan Menlu Yaman, Netanyahu: Kami Ukir Sejarah

Organization