Topic
Home / Berita / Nasional / Facebook dan Instagram Down karena Masalah Teknis

Facebook dan Instagram Down karena Masalah Teknis

Inet - (http://si.wsj.net)
Inet – (http://si.wsj.net)

dakwatuna.com – Bertolak belakang dengan dugaan sebelumnya bahwa kelompok peretas “Lizard Squad” yang telah membuat Facebook “down”, hampir pasti tidak ada serangan pada jaringan sosial tersebut. Hal ini termasuk pada layanan foto Instagram. Keduanya diberitakan mengalami down hari Selasa siang (27/1/2015).

Menurut sumber yang mengetahui masalah ini, penyebab Facebook down adalah karena masalah teknis. Facebook mengonfirmasikan hal ini kepada media, sebagaimana dinyatakan oleh sebuah tweet dari Dave Lee, seorang jurnalis BBC:

Beberapa hari yang lalu, kelompok peretas Lizard Squad merupakan kelompok yang bertanggung jawab atas “serangan Natal” ke Xbox Live milik Microsoft dan jaringan Sony PlayStation. Sehingga beberapa orang menduga kelompok inilah yang juga menyerang Facebook dengan serangan DDoS (Distributed Denial of Service), yang menyebabkan layanannya dibanjiri traffic sehingga tidak bisa diakses. Apalagi Lizard Squad sempat mentweet yang berisi pernyataan bahwa layanan Facebook, Instagram, Tinder, AIM, dan Hipchat telah down.

https://twitter.com/LizardMafia/status/559963134006292481

Namun konfirmasi dari Facebook menyatakan bahwa hal tersebut adalah karena masalah teknis, bukan karena adanya serangan DDoS.

Saat ini layanan Facebook dan Instagram sudah dapat diakses dengan normal kembali, setelah sempat down kurang lebih 40 menit.

“Facebook dan Instagram mengalami pemadaman mayor malam ini (waktu setempat, Red) dari pukul 22:10 hingga 23:10 PST. Teknisi kami mengidentifikasi penyebab pemadaman dan memulihkan situs dengan cepat. Saat ini Anda akan melihat pengurangan tingkat error ketika sistem kami stabil. Kami tidak mengharapkan adanya jeda lainnya dalam layanan”, ujar Andrew Pope, Manajer Teknisi Produksi Facebook pada situs Developers Facebook. (dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Dianggap Hina Muslim, Facebook Blokir Akun Milik Putra Netanyahu

Figure
Organization