Home / Berita / Internasional / Amerika / Wow, Jamur Truffle Terbesar di Dunia Terjual 750 Juta Rupiah

Wow, Jamur Truffle Terbesar di Dunia Terjual 750 Juta Rupiah

Jamur truffle biasanya dihidangkan dalam bentuk parutan tipis di atas sebuah hidangan (reuters)
Jamur truffle biasanya dihidangkan dalam bentuk parutan tipis di atas sebuah hidangan (reuters)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Jamur truffle putih terbesar di dunia dilelang di Sotheby’s New York dengan harga 61.250 dolar AS atau setara dengan 750 juta rupiah. Truffle adalah jamur primadona kuliner karena aromanya yang harum.

Meskipun demikian, harga itu masih jauh di bawah harapan pemilik jamur seberat 1,89 kilo itu, seperti dilaporkan kantor berita Agence France Presse (8/12/2014). Truffle dari varian Alba tersebut ditemukan di wilayah Umbria, Italia, pekan lalu.

Truffle, yang di Italia dikenal dengan nama Tartufo, diburu oleh restoran-restoran mewah di dunia. Balai lelang Sotheby’s mengatakan jamur itu dibeli oleh seorang pemilik restoran dari Taiwan yang menawar melalui telepon.

Harga dibuka di angka 50.000 dolar AS. Pemilik truffle tersebut adalah perusahaan Balestra Family of Sabatino Truffles. Direktur perusahaan itu dalam wawancara dengan koran New Haven Register mengatakan ia berharap jamur itu akan menembus tujuh angka.

“Saya bilang ke semua orang saya ingin satu juta dolar,” kata Federico Balestra. Jamur itu ditemukan oleh seorang pegawai mereka.

Keluarga Balestra berencana menyumbangkan seluruh hasil penjualan jamur untuk beberapa lembaga amal, termasuk sebuah yayasan yang menyediakan makanan gratis untuk orang miskin dan sebuah organisasi yang membantu anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk mendapat operasi glaukoma secara gratis.

Kantor berita Associated Press mengutip seorang juru bicara Sotheby’s yang mengatakan meski ukurannya paling besar, harga truffle ini jauh dibawah rekor penjualan jamur sebelumnya yaitu 417.000 dolar AS pada 2010 meski beratnya hanya 1,1 kilogram saja. (afp/bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Erdogan: Eropa Gagal Kelola Demokrasi

Figure
Organization