Topic
Home / Berita / Nasional / MUI: Pemberi & Penerima dalam Money Politic Sama-sama Berdosa

MUI: Pemberi & Penerima dalam Money Politic Sama-sama Berdosa

Ma'ruf Amin Ketua MUI. (inet)
Ma’ruf Amin Ketua MUI. (inet)

dakwatuna.com – Menjelang Pemilu 2014, MUI menyatakan akan segera mengeluarkan fatwa haram politik uang. Dalam kacamata MUI baik pemberi maupun penerima sama-sama salah.

“Yang memberi dan menerina itu salah dan berdosa. Karena orang yang memilih yang memberi uang, bukan yang baik, sehingga orang tersebut memilih tidak pada orang yang seharusnya dipilih,” kata Ketua Bidang Fatwa MUI Ma’ruf Amin di ruangan kantornya, Jl Proklamasi, Sabtu (16/2/2013), sebagaimana dilaporkan detikcom.

Ma’ruf menyatakan pihaknya sudah memiliki rencana untuk mengeluarkan fatwa haram politik uang itu. Pihaknya sudah siap dengan risiko lainnnya.

“Untuk suatu kebaikan nggak apa-apa. Semua resah dengan money politic ini. Tidak hanya MUI, masyarakat juga. Praktik ini kan juga terjadi karena adanya peluang dari sistem politik kita. Oleh karena itu diperlukan adanya penataan ulang, sehingga untuk seseorang yang akan maju, tidak perlu dengan money politic,” ujar Ma’ruf.

Menurut Ma’ruf, sampai saat ini politik uang masih mengakar kuat di kalangan masyarakat Indonesia. Masyarakat, lanjutnya, harus dididik lebih jauh mengenai sistem politik yang baik dan bersih.

“Ini kan sudah menjadi budaya. Sistem politik untuk itu. Coba kalau itu dihilangkan masyarakat sendiri harus cerdas. Harus diedukasi,” kata Ma’ruf. (fjp/ndr/detikcom)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Berharap Rahmat Allah

Figure
Organization