Topic
Home / Berita / Nasional / PKB tak Mau Disebut Partai Islam

PKB tak Mau Disebut Partai Islam

Ketua DPP PKB, Abdul Malik Haramain. (matanews.com)
Ketua DPP PKB, Abdul Malik Haramain. (matanews.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Meski menjadikan warga nadliyin (Nahdlatul Ulama/NU) sebagai salah satu basis suara mereka, namun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak mengakui Islam sebagai ideologi politik.

“PKB bukan partai Islam dan tidak mengaku-mengaku sebagai partai Islam,” kata Ketua DPP PKB, Abdul Malik Haramain, saat diskusi “Yang Mana Partai Islam?” yang diselenggarakan sebuah media online, Jakarta, Senin (24/12).

Malik mengatakan PKB ingin menjadi partai moderen. Partai yang tidak mengekslusifkan diri pada isu-isu keagamaan.

Malik menilai Islam atau agama tidak menjadi determinan utama bagi seseorang dalam menentukan pilihan politik. “PKB ingin menjadi partai moderen. Islam atau agama tidak akan menjadi determinan faktor pemilih memilih partai,” ujar Malik.

Berangkat dari kesadaran semacam itu, PKB juga tidak akan berfokus pada persoalan-persoalan agama. Selain dianggap tak menguntungkan secara elektoral, isu keagamaan juga menciptakan kesan eksklusif bagi sebuah partai.

“Bagi PKB, isu partai Islam tidak prospektif. Kalau partai politik mengangkat isu keagamaan, kesan yang muncul eksklusif,” kata Malik. (Didi Purwadi/Muhammad Akbar Wijaya/ROL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Anggota DPR AS: Trump Picu Kebencian pada Islam di Amerika

Figure
Organization