Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Hari Ini Rombongan DPR RI Masuk ke Gaza, Akan Disambut Hamas

Hari Ini Rombongan DPR RI Masuk ke Gaza, Akan Disambut Hamas

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Rombongan dari DPR RI akan masuk ke Jalur Gaza, Kamis (29/11/2012) hari ini. Kedatangan mereka akan disambut langsung Parlemen Gerakan Islam Palestina (Hamas) yang menguasai Jalur Gaza. Bahkan, Hamas menyiapkan akomodasi dan kendaraan untuk delegasi DPR-RI.

“Kepastian kesiapan akomodasi oleh pihak Gaza baru saja kami terima. Sebelumnya, rencana awalnya menginap di Al Arisy, Mesir, sekembali dari Gaza hari Kamis (29/11/2012) petang,” kata Kepala Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Amman, Jordania, Muhammad Sahrul Murajjab, di Al Arisy, Rabu malam waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Sahrul bersama Duta Besar RI untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, dan Ketua Delegasi DPR-RI, Mahfudz Siddiq, dalam pertemuan itu menyampaikan penjelasan singkat di hadapan rombongan Indonesia tentang persiapan ke Gaza.

Menurut Sahrul, awalnya pihak KBRI Amman menanyakan biaya akomodasi hotel di Gaza untuk penginapan delegasi DPR, tetapi parlemen Gaza bersedia menyiapkannya secara gratis.

Akomodasi yang disiapkan perlemen tersebut berjumlah 20 orang. Selain akomodasi, parlemen Hamas juga menyiapkan jemputan bus dari Rafah ke Gaza.

“Ini menunjukkan antusiasme Hamas menyambut kunjungan muhibah DPR-RI,” kata Ketua Kaukus Parlemen untuk Timur Tengah Komisi I DPR-RI, Muhammad Najib.

Rombongan Indonesia beranggotakan 39 orang, terdiri atas delapan anggota DPR, selebihnya adalah wartawan dan perwakilan beberapa lembaga bantuan kemanusiaan, termasuk Dompet Dhuafa dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

“Rombongan Indonesia dari unsur pemerintah dan beragam lembaga swadaya masyarakat (LSM) ke Gaza ini menunjukkan kebersamaan dan koordinasi yang cukup baik di antara kita,” kata Ketua Delegasi DPR yang juga Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq.

Awalnya, delegasi DPR-RI itu beranggotakan 19 orang termasuk, wartawan dan staf ahli, tetapi belakangan disusul 15 orang dari berbagai lembaga bantuan kemanusiaan.

Beberapa perwakilan LSM mengaku selama ini kesulitan masuk Gaza, tetapi berkat koordinasi yang baik dengan KBRI Kairo dan KBRI Amman, akhirnya bisa masuk Gaza.

“Kami sudah tiga hari tertahan di Rafah, tidak bisa masuk Gaza, tetapi dengan adanya delegasi DPRI, kami bisa bareng ke Gaza,” kata Direktur ACT, Doddy Cleveland.

Doddy membawa bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan yang akan disumbangkan ke beberapa rumah sakit di Gaza.

Dalam lawatan muhibah DPR-RI ke Gaza itu, rombongan di antaranya akan diterima parlemen, juga Perdana Menteri Ismail Haniyeh, dan mengunjungi Rumah Sakit Shifa, tempat banyak korban gempuran Israel dirawat, serta meninjau pembangunan rumah sakit Indonesia.

Rombongan DPR tiba di Al Arish Rabu petang dari Kairo dan akan masuk Gaza pada Kamis. (ANT/Tri Wahono/KCM)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 9.80 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sabyan Kampanye Pembangunan Klinik THT di Palestina

Figure
Organization