Topic
Home / Berita / Nasional / HUT ke-89 NU: Pembangunan Karakter Bangsa Mendesak

HUT ke-89 NU: Pembangunan Karakter Bangsa Mendesak

Logo NU (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menegaskan bahwa pembangunan karakter merupakan kebutuhan mendesak yang harus dilakukan bangsa Indonesia.

“Karena ini merupakan persoalan besar yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini,” kata Said Aqil saat acara syukuran hari lahir NU ke-89 tahun Hijriah di Gedung PBNU di Jakarta, Rabu malam.

Apalagi, gelombang globalisasi yang begitu besar melanda sendi-sendi bangsa di semua sektor kehidupan telah menyebabkan kemerosotan moral dan lunturnya karakter.

Said Aqil mengatakan, dengan adanya pembangunan karakter maka pembangunan bangsa bisa dilaksanakan dan ini merupakan modal dasar untuk membangun negara.

“Dengan nation building ini maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani, karena memiliki kepribadian nasional yang kokoh, sehingga bisa berdiri tegak sejajar dengan bangsa-bangsa beradab yang lain,” katanya.

NU sebagai organisasi keagamaan, kata Said Aqil, justru tidak pernah berhenti melakukan pembangunan karakter dan bangsa, dengan menanamkan rasa cinta tanah air dan bangga terhadap sejarah serta peradaban sendiri.

“Bangsa yang tidak memiliki karakter akan kehilangan segalanya. Politiknya akan hilang, peradabannya akan merosot dan aset ekonominya pun akan dijarah bangsa lain akhirnya akan menjadi bangsa yang miskin dan tidak terhormat,” katanya.

Hal itulah, lanjut Said Aqil, yang mendorong NU tidak henti-hentinya menanamkan rasa cinta tanah air.

“Penegasan pada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI ini merupakan bentuk paling nyata dari rasa cinta tanah air tersebut. Itulah sebabnya Nabi Muhammad SAW menegaskan bahwa cinta tanah air merupakan bagian dari iman,” katanya. (S024/Suryanto/Ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 9,00 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

ICMI Rusia Gelar Workshop Penulisan Bersama Asma Nadia

Figure
Organization